Ngabuburit Baca Buku Gratis di Alun-Alun Bersama Mamasa Pustaka di Atas Awan

On Minggu, Mei 26, 2019

MASALEMBO.COM

Sejumlah Anak-Anak sedang Asik Baca Buku. (Foto : Frendy Christian-masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Ngabuburit saat Ramadan biasanya diisi dengan berbagai macam kegiatan. Seperti yang dilakukan sejumlah relawan ”Mamasa Pustaka di Atas Awan." Mereka menyiapkan lapak baca gratis di taman kota Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (25/05).

Terpantau puluhan orang mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa antusias  berkumpul di taman kota untuk membaca buku yang disediakan.

Karmila, salah seorang anak yang ikut membaca mengatakan, merasa senang dengan adanya sejumlah buku yang disediakan secara gratis.

“Senang, sambil tunggu buka puasa ada bacaan gratis yang disediakan, semoga selama bulan puasa selalu ada kegiatan seperti ini, selain mengisi waktu luang juga ada ilmu yang didapatkan,” katanya.

Penggagas Mamasa Pustaka Atas Awan, Risal, mengatakan kegiatan gelar lapak gratis ini selalu dilakukan, bukan hanya di dalam kota namun sudah keliling ke beberapa Desa di Mamasa. 

“Bulan Ramadan ini kita fokusnya di dalam kota saja, karena sejumlah warga yang menjalankan ibadah puasa, senang membaca sambil nunggu buka,” ungkapanya.
Warga asik baca buku sambil tunggu waktu berbuka (Foto: Frendy Cristian/Masalembo.com)

Lanjut ia mengatakan, Mamasa Pustaka di Atas Awan tersebut digagas beberapa tahun lalu oleh sejumlah jurnalis di Mamasa, dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi warga Mamasa khususnya bagi anak-anak.

“Syukur dengan niat tulus pustaka bergerak ini bisa bertahan sampai saat ini, semoga kehadiran kami bisa bermanfaat  bagi warga setempat. Ini juga berkat dorongan  dari penggagas Perahu Pustaka Pak Ridwan Alimuddin, yang saat ini menjabat ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar. Ia memberikan dorongan hingga Mamasa Pusataka ini bisa berdiri," ucapnya.

Mamasa Pustaka Atas Awan ini sudah memiliki ratusan judul buku, baik bekas maupun baru yang didonasikan oleh sejumlah kalangan di tanah air.

“Selama ini kami bergerak dengan niat tulus, tanpa harus didanai oleh siapapun. Kami hanya mengharapkan kepada semua kalangan jika berniat mendonasikan buku-buku ke Mamasa Pustaka Atas Awan kami persilahkan, buku apapun biar bekas tak menjadi soal. Itu lebih berguna dari pada disimpan di rumah,” tutup Risal. 

Kedapan pihaknya merencanakan keliling Kabupaten Mamasa dengan menggelar lapak baca ke sejumlah Desa dan Kecamatan di Kabupaten Mamasa. (Frd/Shm)

comments