Askary Ajak Warga Mateng Budayakan Baca Al Qur'an

On Sabtu, Mei 25, 2019

MASALEMBO.COM

Sekretaris Daerah Mamuju Tengah Askary Anwar (Yasin/Humas Setda Mateng)

MATENG, MASALEMBO.COM - Al-Qur’an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup bagi umat Islam. Sebab itu, peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya kitab suci Al Qur’an, namun dapat menjadi momen kebangkitan umat.

Hal ini diungkapkan Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Mamuju Tengah (Mateng), H. Askary Anwar saat membuka secara resmi Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Nurul Hidayah Topoyo, Selasa (21/05/2019) malam.

Askary menambahkan, sejumlah makna yang terkandung dalam memperingati Nuzulul Qur’an, seperti halnya membudayakan membaca kitab suci, masyarakat mampu menguasai ilmu dan teknologi serta dapat berpikir logis dan bertindak sesuai hukum.


“Budaya membaca Al-Qur’an harus dapat dipupuk sejak dini, bukan hanya sekedar dapat membaca, juga harus tahu arti dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Askary

Selama Ramadan, Askary mengajak warga memperbanyak kegiatan keagamaan, penghayatan dan pengamalan dalam mempelaji Al Qur'an dan juga mengajarkannya.

"Sebagai umat Islam ajaran kita adalah Al Qur'an dan Hadis, maka setiap permasalahan maka dikembalikan pada dua hukum tetsebut," tegasnya. 

Askary meminta kepada tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda di Bumi Lalla Tassisara agar mengarahkan ummat dan masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, termasuk adanya berita hoaks yang berujung pada perpecahan umat.

"Mari kita mengambil hikmah pada peringatan Nuzulul Qur'an ini. Harapannya semoga kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT semakin meningkat," pintanya. 

Di akhir sambutan Sekkab Mateng juga mengajak warga menjaga persatuan, kebersamaan serta persaudaraan. "Kita wujudkan Kabupaten Mamuju tengah menjadi kabupaten yang diberkahi oleh Allah SWT," ucapnya.

Selain H Askary Anwar,  Nuzulul Qur'an juga dihadiri Kepala Bappeda Ishak Yunus, Ketua Komisi II DPRD H Sahrul Sukardi serta sejumlah pimpinan OPD Mateng. (jml/har)

comments