Di Majene, Gubernur ABM Sampaikan 5 Prioritas Utama Pembangunan Sulbar

On Kamis, Mei 16, 2019

MASALEMBO.COM

Gubernur Ali Baal Masdar saat mengikuti Safari Ramadan di masjid Raudhatul Abidin Saleppa, Majene (Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Gubernur Ali Baal Masdar membeberkan lima prioritas utama pembangunan Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (15/5/2019) malam saat berkunjung ke Majene. Kelima prioritas itu akan menjadi perhatian khsusus Pemprov Sulbar di 2019.

"Saya perlu menyampaikan pada kesempatan ini bahwa pembangunan yang kita laksanakan tahun 2019 bertumpu pada lima proritas utama," kata Ali Baal saat menghadiri Safari Ramadan Pemprov Sulbar di masjid Raudhatul Abidin Saleppa, Kecamatan Banggae, Majene.

Lima prioritas itu, yakni (1) perbaikan infrastruktur dan konektivitas wilayah, (2) perbaikan kualitas sumber daya manusia dan kebudayaan, (3) penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, (4) peningkatan ekonomi dalam upaya penanggulangan kemiskinan, dan (5) pengelolaan lingkungan hidup.

Selain kelima program prioritas tersebut, gubernur Ali juga merancang dan mencanangkan satu program unggulan "Marasa." Secara akronim kata dia, Marasa adalah mandiri, cerdas dan sehat.

"Program ini diarahkan ke daerah pedesaan yang indeks pembangunannya masih terbilang rendah," ucap matan bupati Polman dua periode ini.

Ali mengatakan, untuk 2019 ini jumlah desa yang terjangkau program Marasa masih terbatas. Tapi, ia berjanji setiap tahun akan menambah sesuai kemampuan anggaran Pemprov Sulbar.



Ali berharap, lewat interpensi Marasa, desa-desa di Sulbar mengalami perkembangan lebih baik, minimal keluar dari zona desa tertinggal.

"Meskipun dana bantuan khusus dari pemerintah provinsi ini terbatas tapi jika dipadu serasikan dengan dana-dana lain yang masuk setiap tahun saya yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama tidak ada lagi desa yang masuk dalam kategori tertinggal," harap ABM untuk pemerintah desa penerima program Marasa tersebut. 

Gubernur Ali Baal mengikuti Safari Ramadan di Majene bersama Kepala Kanwil Kemenag Sulbar Mufly Bahit Fattah. Hadir pula bupati Majene H Fahmi Massiara dan ketua TP PKK Sulbar Andi Ruskati Ali Baal.

Di kesempatan itu, gubernur Ali menyerahkan bantuan Rp100 juta untuk pembangunan masjid Raudhatul Abidin Saleppa. Bantuan tersebut akan dianggarkan pada pada 2020. 

Sementara, ketua TP PKK Sulbar yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Andi Ruskati Ali Baal menyerahkan bantuan tunai Rp50 juta. Baznas Sulbar juga menyerahkan bantuan Rp5 juta di kesempatan tersebut. (adv/red)

comments