Diguyur Hujan, Jalan Menuju Dusun Nekke’ Nyaris Putus

On Minggu, Mei 19, 2019

MASALEMBO.COM

Warga Dusun saat Gotong Royong Perbaiki Jalan Putus. (Foto :Frendi C-Masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO. COM –Akses menuju Dusun Nekke’ Desa Taupe, Kecamatan Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar)  nyaris putus akibat hujan deras sejak sepekan terakhir. Sebagian badan jalan di wilayah tersebut  tergerus air dan nyaris putus hingga tak bisa dilalui kendaraan.

Badan jalan tergerus air sungai, hingga mengalami longsor empat puluh meter saat hujan deras turun pada dua hari lalu. Agar bisa dilalui, warga  di dusun terpaksa bahu- membahu gotong royong memperbaiki jalan tersebut.

Dengan alat seadanya warga melakukan penimbunan jalan dengan menggunakan tanah dan batang bambu.

“Jalur ini adalah satu-satunya akses perekonomian masyarakat di Dusun ini, Jalur akses penghubung ke Kota Mamasa,” ungkap Anis, salah seorang warga, Sabtu (18/5/2019).
Jalan yang hampir putus akibat tergerus air sungai. 

Lanjut ia mengatakan, sejak dibuka puluhan tahun lalu, jalan tersebut tak kunjung diperbaiki sehingga untuk menuju ke dusun  hanya dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua.

“Kalau hujan turun, jalan ini tak bisa dilalui kendaran karna licin dan berlumpur, sehingga warga harus berjalan kaki jika hendak ke kota,”ungkapnya.

Tak hanya sebagai akses perekonomian masyarakat,jalan itu juga menjadi jalan satu-satunya puluhan akan sekolah di saat hendak berangkat ke sekolah.

Warga berharap agar pemerintah setempat bisa memperbaiki jalan tersebut yang sudah sekian lama tak kunjung dapat perbaikan.

“Kami berharap agar kedepan jalan kami bisa diperbaiki sehingga warga tidak lagi menderita, apalagi jalan ini masih berada di wilayah ibu kota Mamasa,” harap Anis. (Frd/Shm)

comments