Empat Desa di Mamasa Akan Lakukan PAW, Begini Teknisnya

On Rabu, Mei 29, 2019

MASALEMBO.COM

(Foto :Ist) 

MAMASA, MASALEMBO.COM – Ada empat Desa di Kabupaten Mamasa yang akan melaksanakan Pergantian Antara Waktu (PAW) pada Pilkades serentak 24 juni Mendatang.

Rencananya, pemilihan Kepala Desa (Kades) PAW akan diikuti empat desa di tiga kecamatan yaitu Desa Timoro dan Desa Gandang Dewata Kecamatan Tabulahan, Desa Leko Kecamatan Mehalahan dan Desa Buntubuda Kecamatan Mamasa. Selain pemilihan Kades PAW, juga akan diikuti pemilihan serentak di 26 Desa lainnya.

Kepala Sub Bagian Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan,Demmattayan mengatakan, ada perbedaan antara pemilihan PAW dan pemilihan serentak sekaitan teknis yang dilakukan oleh panitia di masing-masing Desa.

“Untuk pemilihan Kades PAW dilakukan secara musyawarah, sementara pemilihan Kades serentak dilakukan secara pemungutan suara,” ungkap Demmattayan, Senin (27/5/2019).

Ia menyebutkan, pada musyawarah yang dilakukan, akan diwakili oleh unsur-unsur masyarakat 10 persen dari jumlah wajib pilih. Namun teknis tersebut tidak diwajibkan dilaksanakan melainkan berdasarkan kesepakatan panitia pemilihan di Desa masing-masing.

"Berdasarkan petunjuk teknis, pemilihan Kades PAW dapat dilaksanakan dengan cara pemilihan langsung atau dengan cara pemungutan suara atau dengan cara musyawarah. Adapun unsur-unsur masyarakat yang akan dilibatkan dalam musyawarah tersebut yakni, tokoh adat, tokoh agama,  tokoh masyarakat,  tokoh pendidikan, Perwakilan kelompok tani, ,Perwakilan kelompok perempuan dan Perwakilan kelompok pemerhati dan perlindungan anak," tutupnya. (Frd/Shm)

comments