Hasil Rekapitulasi KPU, Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Mamasa

On Sabtu, Mei 04, 2019

MASALEMBO.COM

Rapat Pleno Terbuka Proses rekapitulasi hasil pemilu 2019  KPU Mamasa. (Frendy Cristian/Masalembo.com)

MAMASA, MASALBO.COM - Hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 KPU Kabupaten Mamasa Propinsi Sulawesi Barat menempatkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang.

Paslon nomor urut 01 itu menang telak atas pesaingnya paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hasil rekap yang dilakukan di aula mini KPU Mamasa, melalaui formulir DA1 dari 17 PKK tingkat kecamatan, calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf meraih 84.091 suara. Sementara pasangan 02 Prabowo-Sandi hanya mampu merebut 13.912 suara.

Untuk diketuhui, jumlah TPS di 17 kecamatan di Kabupaten Mamasa sebanyak 586 TPS. Jumlah wajib pilih yang terdaftar dalam DPT sebanyak 114.307 jiwa. Sementara, jumlah surat suara sah untuk pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 98.003.

Untuk jumlah surat suara pilpres yang tidak sah sebanyak 1.406. Dengan demikian, total surat suara yang terpakai baik surat suara sah maupun tidak sah sebanyak 99.409.

Komisioner KPU Mamasa Harun Al Rasid mengungkapkan, penetapan untuk hasil perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden akan ditetapkan oleh KPU RI setelah melalaui perekapan KPU Provinsi Sulawesi Barat.

"Kita hanya menetapkan hasil penghitungan suara untuk DPRD kabupaten. Untuk presiden wakil presiden akan ditetapkan KPU RI nantinya, setalah melalui perekapan tingkat propinsi," ungkap Harun, Sabtu (4/5/2019) dini hari.

Perekapan tingkat KPU Kabupaten Mamasa ini, mendapat pengawalan ketat ratusan aparat keamanan dari TNI dan Polri yang bersenjata lengkap. (frd/har)

comments