Sidak Penjual Makanan, BPOM Mamuju Temukan Zat Rodamin

On Jumat, Mei 10, 2019

MASALEMBO.COM

Wagub Enny Angraeny dan Kepala BPOM Mamuju saat menggelar sidak (Awal S/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju Provinsi Sulbar menemukan zat rodamin digunakan sebagai bahan pengawet makanan di sejumlah daerah di Sulbar. Bahan pengawet rodamin digunakan warga untuk pewarna makanan yang mereka jual.

Hal itu diungkap Kepala BPOM Mamuju Netty Nurmuliawaty saat menggelar sidak bersama Wakil gubernur Sulbar Enny Angraeny Anwar, Jumat (10/5/2019) sore.

Kepala BPOM Mamuju Netty Nurmuliawaty mengatakan, pihaknya menyita jajanan makanan kripik di daerah Tinambung dan Wonomulyo Kabupaten Polman. Ia juga mengamankan bahan makanan jagung di salah satu pasar di Mamuju karena diduga mengandung zat rodamin.

"Tapi masih didalami, apakah ini dijual sebagai bibit atau makanan nanti kita lihat hasil pendalaman balai BPOM," kata Netty soal jagung yang ditemukan Kamis sore tadi.

Wakil gubernur Enny Angraeny Anwar mengatakan untuk penggunaan zat berbahaya bagi masyarakat, BPOM Mamuju mengambil sampel jagung tersebut untuk diuji di laboratoriun. Ia juga mengaku akan terus memantau penjualan makanan di seluruh Sulbar untuk memastikan tak ada penggunaan bahan berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

"Ini pertama kali kita lakukan di bulan Ramadan tahun ini, rencananya rutin menggelar sidak hingga memasuki lebaran Idul Fitri," pungkas Enny. (awl/har)

comments