Tingkat Partisipasi Pemilih di Mamasa Melampaui Target Nasional

On Sabtu, Mei 11, 2019

MASALEMBO.COM

 Sejumlah Komisioner KPU Mamasa dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019. (Foto : Frendy Christian-Masalembo.com)

MAMASA,MASALEMBO.COM-Partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak politiknya dalam pemilu serentak 17 April 2019 di Kabupaten Mamasa mencapai 86,97 persen. Persentase itu melampaui target Nasional 77,5 persen.

Devisi teknis KPU Mamasa, Marthen Buntupasau mengatakan, partisipasi pemilih di Kabupaten Mamasa secara keseluruhan sangat memuaskan. Bahkan ia mengatakan, partisipasi pada tahun ini jauh melampaui pastisipasi pada Pilkada sebelumnya.

"Pada Pilkada sebelumnya 2018 lalu tingkat partisipasi pemilih hanya berkisar 69 persen saja. Untuk  2019 ini  mencapai 86,97 persen dan melampaui target nasional 77,5 persen,"kata Marthen saat dikonfirmasi, Sabtu siang (11/05).
Foto Bersama Devisi Teknis KPU Mamasa, Marthen Buntupasau (Kanan) dan Anggota KPU RI, Hasim Asy'ari(Kiri).

Dia mengungkapkan, tingginnya tingkat partisipasi pemilih tahun ini tidak terlepas dari kerja keras semua penyelenggara, mulai dari  KPU, relawan demokrasi, Bawaslu dan PPK dan PPS hingga KPPS. Serta semua pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu dalam mensosialisasikan pemilu serentak 2019 kepada masyarakat. 

Selain itu ia mengatakan, meningkatnya partisipasi pemilu tahun ini tidak terlepas dari media yang secara rutin memberitakan pemilu serentak. Sehingga edukasi kepada  masyarakat untuk berpartsipasi cukup meningkat.

“Kita sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras meyukseskan dalam pesta demokrasi ini. Dan kepada seluruh masyarakat Mamasa yang telah menyalurkan hak pilihnya  dengan baik pada pemilu serentak tahun ini,”ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kepolisian dan TNI yang terus mengawal proses pemilu dari awal hingga sekarang agar pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pihaknya berharap agar tingkat partisipasi pemilu yang ada di Mamasa tahun ini tetap dipertahankan pada pemilu-pemilu berikutnya, dengan melakukan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat terkait pentingnya menentukan pemimpin untuk masadepan Bangsa dan Negara. (Frd/Shm)

comments