Duta Delapan Negara Bakal Berkunjung ke Polman Agustus Mendatang

On Minggu, Juni 02, 2019

MASALEMBO.COM

Dokumen kegiatan PIFAF di Polewali Mandar (instagram/@pifaf)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) kembali akan digelar. Seluruh kegiatan akan dipusatkan di arena sport center, Polewali Mandar, Provinsi Sulbar pada tanggal 1 hingga 7 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Polman Andi Masri Masdar mengatakan, delapan negara dipastikan hadir dalam acara ini. Diantaranya Korea Selatan, Afrika Selatan, Ekuador, Ceko, Timor Leste, Slovakia, India dan tuan rumah Indonesia.

"Kalau negara peserta yang lama adalah Korea Selatan, sementara yang lain adalah peserta baru. Kami belum tahu rinciannya berapa jumlah officialnya yang akan dibawa setiap negara," kata Masri, Rabu (29/5/2019) di ruang kerjanya.

Baca juga:

BNN Polman Temukan 2 Sopir Bus Antarkota Positif Pakai Narkoba

KM Sabuk Nusantara Batal Bersandar di Pelabuhan Silopo, Ini Sebabnya

"Menteri Pertanian, Pak Amran, Tidak Usah Datangkan Beras Impor ke Polman"

Andi Masri menjelaskan, saat ini semua persiapan mulai dikerjakan. Setelah lebaran, Dinas Pariwisata Polman akan berangkat ke Jakarta bertemu pihak Kementerian Pariwisata untuk membicarakan semua program di PIFAF tahun ini, termasuk kesiapan-kesiapan administrasi, seperti izin kegiatan dan lainnya.

"Kami akan rapat koordinasi secara keseluruhan, setelah lebaran kami akan membahas seperti apa persiapannya. Kalau sekarang baru persiapan pra PIFAF saja," sambungnya.

Pria yang akrab disapa AMM ini menambahkan, untuk tahun ini, semua anggaran kegiatan publikasi dan dokumentasi dibiayai Kementerian Pariwisata. Olehnya, pihak panitia akan ke Kementerian Pariwisata untuk membicarakan biaya publikasinya. "Media apa saja yang akan digunakan sebagai media parner nantinya termasuk media elektronik, cetak, dan online dan radio," ucapnya. 

Selain itu, juga publikasi lainnya seperti spot baliho yang akan dipasang di bandar udara, pintu gerbang Kota Makassar, Parepare, Polewali, Majene, dan Mamuju dan kabupaten lainnya.

"Kita sudah tidak ada lagi biaya publikasi dan dokumentasi karena Kemenpar yang akan membiayai," ujarnya.

Polewali Mandar International Folk & Art Festival (PIFAF) merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Polman. Dalam kegiatan ini peserta akan menampilkan berbagai kesenian budaya dan khas dari negara masing-masing pada event bertaraf internasional ini.

PIFAF juga akan diisi dengan kegiatan pemilihan duta pariwisata, lomba video promosi wisata, lomba desain publikasi wisata, pameran foto obyek wisata, dan sandeq race. Kegiatan ini juga dirangkai dengan ajang sandeq race 2019, yakni lomba perahu bercadik khas Mandar.

"Sandeq race masuk tanggal 7 Agustus, sengaja kami panitia mengatur seperti itu agar kira negara peserta PIFAF bisa menyaksikan sandeq race. KIta akan lakukan lomba segi tiga," tandasnya. (ant/har)

comments