Jembatan Penghubung Antar Kecamatan Terputus Akibat Banjir

On Senin, Juni 10, 2019

MASALEMBO.COM

Jembatan Desa Bulo Kabupaten Polman yang terputus akibat banjir (Asrianto/Masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Akibat banjir dan tergerus arus sungai, sebuah jembatan di Desa Lenggo Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ambruk dan putus.

Kepala Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman Bugiman mengatakan, jembatan ini ambruk pada Sabtu (8/6/2019), sekitar pukul 03:00 Wita.

"Kami telah meninjau jembatan tersebut dan memang putus. Hal ini telah kami laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum," katanya, Senin (10/6/2019).

Jembatan dengan panjang sekitar 130 meter dan lebar 2 meter ini dibangun melalui anggaran dana desa sekitar dua tahun lalu.

Terputusnya jembatan ini juga memotong akses bagi para petani dan warga setempat yang hendak menuju kebunnya. Sebab, jembatan ini merupakan satu-satunya akses penghubung antar dua kecamatan dan dua desa yakni Desa Peburru Kecamatan Tutar dan Desa Lenggo Kecamatan Bulo.

Untuk sementara, warga terpaksa melewati sungai untuk menyeberang jalan. Namun hal ini juga dikuatirkan karena cuaca masih sering turun hujan yang menyebabkan air sungai kembali meluap.

Kepala Desa setempat yang berusaha dikonfirmasi belum bisa dimintai keterangan. Wilayah ini memang berada jauh di atas pegunungan terpencil dan belum tersentuh jaringan komunikasi.

Terpisah, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan akan memperbaiki jembatan tersebut. Ia telah memerintahkan dinas terkait (Dinas Pekerjaan Umum dan Pemerintah Desa) untuk mengecek jembatan putus itu.

"Kita lihat dulu, pakai dana apa. Kalau dana desa sudah tidak mampu memperbaiki, kabupaten yang akan mengambil alih," aku Ibrahim. (ant/har)

comments