Kini Ada Selimut untuk Dia, ODGJ di Jalan Trans Sulawesi Mamuju

On Selasa, Juni 18, 2019

MASALEMBO.COM

Warga Mamuju Hj Nurnazila beri selimut ODGJ di Jl. Trans Sulawesi Mamuju (Awal S/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Berangkat dari keprihatinan kondisi pria sekira 35 tahun yang diketahui sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), warga Mamuju berikan selimut. Pria tanpa identitas itu tinggal di sebuah gubuk kecil di pinggir Jalan Trans Sulawesi Desa Takandeang, Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Warga bernama Hj Nurnazila menyambangi ODGJ tersebut dan memberikan selimut juga makanan, Senin (17/6/2019) malam.

Baca juga: Di Pinggir Jalan Mamuju, Pria Ini Tinggal Seorang Diri Tak Terurus

"Kita beri ini karena prihatin, tentunya kembali ke niat kita memanusiakan manusia," ucap Nurnazila usai menemui pria tak berpunya itu.

Kata Nur, meski mengalami gangguan mental namun bukan berarti lantas membiarkan dan tanpa memperdulikannya. Ia berharap pihak keluarganya datang mengambilnya dan merawatnya.

Selain itu, Nurnazila juga berharap dinas terkait misal Dinsos atau Kesehatan mengambil peran, setidaknya memfasilitasi ODGJ itu kembali ke keluarga. "Karena kalau melihat kondisi fisiknya bisa dibawa untuk tindak lanjut ke rumah sakit di Makassar," ucap Nur, warga yang jamak dikenal sebagai seorang politisi di Mamuju.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tapalang dr Rahmawati mengaku pihaknya sudah pernah mendatangi pria tersebut pada awal 2019 lalu. Ia telah memeriksa kondisinya.

Diterangkan, banyak ditemukan jeratan tali yang melingkar di kakinya. Itu salah satu penyebab ODGJ itu tak bisa berjalan. "Aliran darahnya tidak lancar," kata Rahma.

Rahmawati juga mengaku tidak melakukan penanganan lebih lanjut karena pria itu tidak memiliki keluarga. "Jadi hanya sebatas pemeriksaan di tempat saja kita lakukan karena tidak ada keluarganya yang bisa kita hubungi," tuturnya. (awl/har)

comments