Sekumpulan Orang Mendata Sampah di Anjungan Manakarra Mamuju

On Sabtu, Juni 29, 2019

MASALEMBO.COM

Komunitas Trash Hero Mamuju gelar aksi lingkungan pendataan sampah (Awal S/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Sekumpulan orang itu mengatasnamakan diri komunitas Trash Hero. Mereka membentuk komunitas di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Namun, jejaring mereka berada di berbagai kabupaten dan kota se Indonesia.

Pada Minggu (23/6), Trash Hero kembali melakukan aksi lingkungan, bersih sampah. Uniknya, kegiatan bersih-bersih di anjungan pantai Manakarra kali ini lebih fokus pada memilah sampah-sampah limbah warga. Lalu kemudian melakukan pendataan sampah berdasarkan jenis atau bahan dasar sampah itu.

Baca juga: Trash Hero Mamuju Sasar Sampah Plastik di Pantai Manakarra

Ketua Trash Hero Mamuju, Nur Hikmah mengatakan, sampah yang dikumpulkan disatukan untuk dilakukan pendataan jenis, kemasan dan tipenya, juga pabrikannya. "Apakah sampah lokal atau impor yang produksi, ya kita pilah," ujar Hikmah.

Nantinya, kata Hikmah, hasil pendataan tersebut sebagai data mingguan Trash Hero Mamuju untuk dilaporkan ke break free fromplastik. Trash Hero Mamuju memang tidak berdiri sendiri tetapi join dengan beberapa komunitas internasional yang pemerhati lingkungan.

Baca juga: Komunitas I'MA Trash Hero Sasar Sampah Pantai Manakarra

Dikatakan, kurangnya kesadaran para pengunjung di anjungan pantai Manakarra, berakibat sampah tampak di sembarang tempat. Umumnya didominasi sampah kemasan makanan dan minuman yang terbuat dari plastik.

"Mari kita sadar untuk membuang sampah pada tempatnya," pinta Hikmah di sela kegiatan ini. (awl/har)

comments