Wabup Mateng Ajak Masyarakat Perkuat Hubungan Persaudaraan

On Senin, Juli 01, 2019

MASALEMBO.COM

Wabup Mateng H Amin Jasa menyalami peserta upacara Harganas ke 26 tingkat Kabupaten Mamuju Tenga (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)

MATENG, MASALEMBO.COM - Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 26, diharapkan menjadi sebuah momentum bagi keluarga Indonesia, dalam upaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Harapan tersebut disampikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, melalui sambutan tertulisanya yang dibacakan Wakil Bupati Mamuju Tengah (Mateng) Amin Jasa, pada upacara peringatan Harganas di halaman kantor bupati, Senin (1/7).

Harganas bertema 'Cinta Keluarga, Cinta Terencana' itu, juga diharapkan mampu membangun generasi berkualitas. 
Lanjut Amin, saat ini perubahan lingkungan strategis terjadi dengan cepat. Boleh jadi kehidupan ini dipandang baik bagi keluarga beberapa dekade lalu, tetapi belum tentu diterima saat ini.

"Terlebih dengan gaya hidup yang semakin modern, ditambah kesibukan orang tua yang semakin meningkat. Ini akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga," jelasnya. 

Saat ini, waktu berkumpul dengan keluarga, secara kualitas mulai terasa terabaikan. Kemudian terjadi kesenjangan komunikasi antara orang tua dan anak. Ini akan diperburuk dengan terbatasnya waktu untuk mendengarkan keluh kesah, atau problematika. 

Terutama pada anak remaja, keluarga sering tidak tanggap atau kurang peduli pada kejadian di lingkungan sekitarnya. Bahkan budaya gotong royong antar warga hampir luntur.

Sebab itu, jadikanlah keluarga sebagai pemacu untuk meningkatkan ketahan dan kesejahteraan keluarga. Fungsikan kembali keluarga sebagai benteng kekuatan pemersatu. "Pemerintah menyadari betul betapa pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa," jelasnya.

Menurut Amin, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama, dalam membentuk kepribadian anak bangsa. "Juga kehidupan bernegara," tutup Amin.

Usai upacara, wakil bupati menyerahkan penghargaan berupa piala pada mitra kerja terbaik. Diantaranya, Klinik dr Patunrengi dan PKM Tobadak sebagai mitra terbaik. Sedangkan Balai Pangale dianugerahi penghargaan sebagai admin terbaik.

Upacara peringatan Harganas dihadiri Kepala Dinas P2KB dan P3A Mateng dr I Ketut Sidiarsa, beserta sekretarisnya Hj Nisalwiah. Hadir pula sejumlah pimpinan OPD Mateng. (jml/riz) 

comments