Bripda Yusran Diganjar Penghargaan Pahlawan Literasi di Pelosok Mamasa

On Sabtu, Agustus 17, 2019

MASALEMBO.COM

Kapolda Sulbar Brigjend Pol Baharuddin Djafar menyalami Bripda Yusran saat menerima penghargaan pegiat literasi di pelosok Mamasa (ist/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Anggota Polsek Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa, Bripda Yusran diganjar penghargaan sebagai pegiat literasi oleh Kapolda Sulawesi Barat Brigjend Pol Baharuddin Djafar. Penghargaan diserahkan pada peringat Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Penghargaan diraih Bhabinkamtibmas Polsek Tabulahan itu lantaran keberhasilan dirinya menebar virus literasi dari pelosok ke pelosok di wilayah kerjanya. Yusran di sela tugas Polri terus berjuang menggerakkan minat baca dengan membagikan buku pelajaran ke anak-anak dan warga di pelosok-pelosok desa terpencil.

Usai menerima penghargaan pegiat literasi, Yusran mengaku sangat bersyukur dan bangga dirinya mendapat apresiasi dari pimpinan Polda Sulbar. "Saya merasa bangga, sebagai anggota Polri telah mendapat dukungan dari pimpinan Polda Sulawesi Barat," ucapnya pada awak masalembo.com

Yusran mengaku penghargaan itu akan jadi motivasi untuk terus membangkitkan semangatnya mendorong minat baca masyarakat.

"Saya akan terus berusaha, berjuang karena di daerah kami memang sulit mendapat informasi," ucapnya.

Yusran menceritakan awal memulai gerakan literasi di Tabulahan, Kabupaten Mamasa. Kala bertugas di salah satu desa terpencil, ia mendapati anak-anak yang kehilangan kesempatan belajar, kecuali di sekolah. Ia juga prihatin sebab sumber belajar masyarakat sangat terbatas. "Di sana kan tidak ada buku, tidak ada jaringan, jadi anak-anak tidak punya kesempatan meraih informasi yang luas. Nah, saya merasa perlu membangun gerakan baca buku," tuturnya.

Bripda Yusran lalu merakit motor dinasnya menjadi jok buku. Ia lalu berkeliling ke kampung-kampung menjajalkan buku kepada anak-anak, juga pemuda-pemuda dan warga di desa binaannya.


Bripda Yusran saat menjajalkan buku kepada anak-anak SD di Tabulahan Mamasa (dok/masalembo.com)

Mulanya, Yusran menyisihkan sebagian penghasilannya sebagai anggota Polri untuk membeli buku-buku bacaan bagi anak-anak. Pada perjalanan waktu, gerakan literasi yang dibangun mulai mendapat perhatian dan dukungan dari banyak pihak, tak terkecuali dari institusi kepolisian. "Saya jadi banyak mendapat sumbangan buku-buku, baik dari Polres dan teman-teman polisi," tuturnya.

Tak hanya dari rekan polisi, Bripda Yusran juga mulai mendapat perhatian dari masyarakat dan Pemda Mamasa. Bahkan, bupati Ramlan Badawi juga ikut memberikan dukungan atas gerakan litetasi yang dibangun anggota Polri yang satu ini.

"Kemarin tanggal 14 Agustus Pak, sudah kita launching perpustakaan keliling, pak bupati Mamasa alhamdulillah telah hadir," tutur Yusran. (har/red)


comments