Kapten Infanteri Muchtar, Tiap Tahun Pimpin Upacara Proklamasi di Mateng

On Minggu, Agustus 18, 2019

MASALEMBO.COM

Kapten Inf Muchtar (Foto: Jamal Tanniewa)

MATENG, MASALEMBO.COM - Upacara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia kembali digelar di lapangan Benteng Kayu Mangiwang Tobadak Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sabtu 17 Agustus 2019.

Ratusan orang hadir, baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Kepemudaan (OKP) hingga pelajar dan mahasiswa.

Sekretaris Panitia HUT RI Mateng Bambang Suparni menjelaskan, untuk pasukan pengibar bendera (Paskibraka) tahun ini, seluruhya berasal dari pelajar Mateng. Mereka dari SMA dan sederajat yang direkrut melalui seleksi dari sejumlah sekolah di daerah ini. 

"Kami seleksi dari semua sekolah menengah atas, baik SMA, MA, SMK yang ada di Mateng dan tentu saja harus memenuhi syarat fisik dan kesehatan," jelas Kepala Dinas Pariwisata Mamuju Tengah ini.

Sebagai penanggung jawab Paskibraka, H Bambang Suparni menegaskan 72 orang pasukan pengibar bendera yang dilatih seluruhnya hasil seleksi secara murni tanpa mengenal asal, suku dan kedudukan orang tua. 

"Kami tidak menanyakan anak siapa dan asal daerah mana, tetapi yang utama adalah memenuhi syarat dan kriteria menjadi seorang Paskibraka," jelasnya.   

Bupati Mateng H Aras Tammauni bertindak sebagai inspektur upacara penaikan bendera. Sementara Wabup H Amin Jasa sebagai irup untuk penurunan bendera merah putih, Sabtu sore. 

Nah, ada yang tak kalah menarik untuk upacara di Mamuju Tengah. Seperti tahun-tahun sebelumnya untuk ke empat kalinya Danramil Budong Budong Kapten Infanteri Muchtar kembali bertugas sebagai komandan upacara HUT RI di bumi Lalla Tassisara ini.

Kapten Inf Muchtar adalah pria kelahiran Polmas 1 Januari 1966. Ia masuk militer tahun 1986 dengan pangkat prajurit dua. Muchtar sekolah bintara di tahun 1992, kemudian sekolah perwira tahun 2004.

Meski sudah empat kali bertugas sebagai komandan upacara. Kapten Muchtar tetap setia, dan terdepan demi kesuksesan upacara HUT RI Mamuju Tengah.

Pria yang punya riwayat penugasan operasi di Timor Timor tahun 1987, 1989 dan tahun 1995 mengaku bangga terus mendapat kepercayaan jadi komandan upacara detik-detik proklamasi setiap tahunnya.

Berikut jenjang tugas Muchtar:

1. Batalyon 700/BS 
2. Batalyon 724/Jsr
3. Batalyon 700/Rider
4. Rindam VII/Wirabuana
5. Pelatih  Dodiklatpur
6. Kodim 1418/Mamuju
7. Pasi Personalia Kodim 1418/Mamuju
8. Danramil 1418-04/Budong Budong sampai sekarang. (jml/har)


comments