Mike Tyson, Sapi Kurban Jokowi Berat 1,1 Ton Disembelih di Mamuju

On Minggu, Agustus 11, 2019

MASALEMBO.COM

Sapi kurban Jokowi diberi nama Mike Tyson disembeli di Mamuju Sulbar (Awal S/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Presiden RI Joko Widodo kembali berkurban pada pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di Sulawesi Barat (Sulbar). Kali ini, Jokowi mempersembahkan sapi jenis simental seberat 1,1 ton dengan harga Rp85 juta.

Sapi kurban Jokowi dibeli tim khusus yang ditugaskan presiden ke 7 RI itu dari salah seorang peternak, Abdul Rahim, warga Desa Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Kamis (18/7) lalu.

Sapi tersebut diberi nama pemiliknya Mike Tyson karena bobot sapi yang mencapai 1,1 ton, tinggi 179 sentimeter dan panjang badan 2,1 meter.

Sapi tersebut dibawa dari Polman ke Mamuju pada Jumat (9/8) dengan menggunakan truk roda enam dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Selanjutnya, saat tiba di Mamuju, Sabtu (10/8), tim dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan sapi berusia tiga tahun tersebut sehat, tidak terjangkit penyakit antraks dan aman dikonsumsi. 

Usai salat Id, Minggu (11/8), sapi ini kemudian diserahkan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat, Muhammad Idris kepada Bupati Mamuju Habsi Wahid, dilanjutkan ke pengurus Masjid Raya Suada Mamuju untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat penerima hewan kurban.

"Jenis sapinya simental dengan berat 1,1 ton. Ini ketiga kalinya Pak Jokowi berkurban di Sulbar dan tahun ini penyembelihan dilakukan di Mamuju. Selanjutnya akan digilir di setiap kabupaten di Sulbar," ungkap Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Minggu (11/8).

Senada H.M Zain Iba, kordinator panitia kurban Masjid Suada Mamuju mengatakan, penyaluran daging kurban nantinya akan dibagikan kepada warga yang tinggal di sekitaran masjid yang telah menerima kupon dari panitia dan jatah 1 kilogram perorang.

Ia juga berharap tahun depan Mamuju kembali menerima sapi kurban milik Jokowi untuk disembeli dan disalurkan kepada warga.

"Semoga tahun depan Mamuju kembali menerima sapi dari Jokowi," harapnya. (awl/har)

comments