Kemendes: Program Transmigrasi Buka Daerah Pertumbuhan Ekonomi Baru

On Kamis, Agustus 22, 2019

MASALEMBO.COM

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo memberi selamat kepada warga transmigran terbaik 2019 (inet/rri.id)

JAKARTA, MASALEMBO.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendeds PDTT) mencatat program transmigrasi dinilai banyak memiliki manfaat, salah satunya menciptakan daerah-daerah dengan perkembangan ekonomi baru.

Hal ini diungkapkan Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tahun 2019, Kamis (15/8/2019).

"Telah mampu menciptakan desa-desa baru yang jumlahnya tidak kecil sudah lebih dari 1.200 desa baru yang terbentuk dari kawasan transmigrasi, telah mampu menciptakan kecamatan-kecamatan baru ada lebih dari 400, telah mampu menciptakan kabupaten baru, kalau tidak salah ada 120an lebih, dan 2 Ibukota provinsi baru," papar Eko.

Program ini juga ternyata secara riil menurut Eko telah meningkatkan kesejahteraan pelakunya, salah satu yang sukses kata Mendes ialah pak Dody juara pertama penilain teladan transmigran ini. Setelah mengikuti program transmigrasi dari Lombok ke Sumbawa, kini penghasilan Dody melejid, setahun mencapai 600 juta rupiah.

"Sekarang transmigran punya handphone, motor, kulkas, macan-macam, dan bahkan saya dengar juara 1 transmigran jauh lebih gede gajinya dari saya, karena pendapatannya lebih dari Rp600 juta per tahun. Jadi transmigrasi juga bisa memberikan kesempatan," ungkapnya.

Doddy sendiri yang terpilih sebagai juara 1 transmigran teladan tingkat nasional 2019 merasa senang dan bersyukur. Dia berharap kisahnya ini menginspirasi banyak masyarakat untuk dapat bekerja keras di manapun mereka berada. "Saya berharap supaya warga atau masyarakat di Indonesia maupun dimanapun khususnya di NTB cobalah kerja keras dan kerja dan kerja," ucap Doddy.

Sebagai informasi, Acara Pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tahun 2019 ini diselenggarakan di Balai Makarti Muktitama Gedung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diikuti oleh 17 orang Transmigran Teladan dan 17 orang Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan dari 18 Provinisi Daerah.

Peserta transmigran dan pembina kawasan transmigrasi teladan ini berasal dari Provinsi Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, dan Papua Barat.

Adapun para pemenang Transmigran Teladan Nasional 2019;

Harapan 3 Kabidin
Harapan 2 Katiran
Harapan 1 Roni Dwi Susanto
Juara 3 Choiril Anwar
Juara 2 Robert Kale
Juara 1 Doddy Tisna
Untuk Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tahun 2019;
Harapan 3 imanuel
Harapan 2 Jumain
Harapan 1 Hermawan
Juara 3 Nasrullah
Juara 2 Roni Ahmad
Juara 1 Rahman Budiawan. (adv/red)

comments