-->

Hot News

Sukses Helat Pemilu, KPU Se Sulbar Balapan Sendok kelereng

By On Minggu, Agustus 18, 2019

Minggu, Agustus 18, 2019

Keseruan Porseni KPU Se Sulbar yang dihelat usai pelaksanaan Pemilu 2019 (Ist/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Sulawesi Barat dan KPU kabupaten se Sulawesi Barat telah berhasil menyelenggarakan pemilu 2019  hingga tahapan terakhir yakni penetapan calon anggota legislatif DPRD terpilih.
Sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan tersebut, jajaran KPU se Sulawesi Barat menggelar Pekan Olah Raga dan Seni ( PORSENI ).
kegiatan yang berakhir 17 Agustus 2019 itu mempertandingkan dan memperlombakan sejumlah nomor antara lain lomba lari kelereng, Pertandingan Tarik Tambang, lari karung, Redi Papan, Catur dan Tenis Meja.

Porseni KPU se Sulawesi Barat yang berlangsung sejak 14 Agustus 2019 di kompleks KPU Sulbar itu diikuti tujuh kontingen masing - masing dari : KPU provinsi dan enam KPU kabupaten se Sulbar. Setiap kontingen diperkuat para komisioner KPU dan jajaran sekretariat.

Ketua KPU Sulawesi Barat, Rustang menjelaskan,  beragam pertandingan dan perlombaan yang digelar  tersebut memiliki sejumlah tujuan antara lain; mempererat tali silaturahmi antar seluruh jajaran KPU provinsi dan kabupaten baik komisioner maupun dengan sekretariat.

" Yang lebih penting lagi, Porseni ini sebagai bentuk kegembiraan kita, bentuk kesyukuran kita bersama karena tahapan pemilu 2019 telah sukses kita gelar, terakhir KPU provinsi dan KPU kabupaten telah melakukan penetapan calon terpilih pasca tahapan sidang di MK, dimana KPU berhasil mempertahankan keputusan di majelis sidang MK," jelas Rustang usai penutupan Porseni di halaman kantor KPU Sulbar, jalan Soekarno Hatta Mamuju.

Selain ketua KPU, Rustang, hadir dalam acara penutupan porseni itu antara lain, anggota KPU Sulbar Farhanuddin, Said Usman Umar, Plt. Sekretaris KPU Provinsi Baharuddin, ketua Panitia Porseni Bustaman serta jajaran KPU Kabupaten se Sulawesi Barat.

Anggota KPU Sulbar divisi Hukum dan Pengawasan, Farhanuddin menambahkan, Porseni menjadi ajang mempererat kebersamaan setelah lebih setahun jajaran KPU mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan umum yang pertama kali dalam sejarah Indonesia digelar secara serentak.

" Keberhasilan mempertahankan keputusan di majelis sidang MK di tahapan Perselihan Hasil Pemlihan Umum (PHPU,-) di Mahkamah Konstitusi itu adalah atas kerja sama semua jajaran,  baik komisioner maupun sekretariat mulai dari KPU Provinsi, KPU Kabuapaten dan jajaran ad-hoc, kami merajut kebersamaan itu dengan olah raga dan seni," beber Farhan yang juga dosen non-aktiv FISIP Universitas Sulawesi Barat.

Sejumlah momen menarik tersaji selama pelaksanaan porseni, misalnya saat para komisioner yang selama ini serius menyiapkan tahapan pemilu, berlomba secepat- cepatnya berjalan menyentuh garis finis namun dengan menggigit sendok berisi kelereng, butuh ketenangan agar kelereng tidak jatuh, namun disisi lain, harus berjalan cepat agar meraih posisi terdepan. 
Di lomba yang mengundang tawa penonton tersebut, komisioner KPU Pasangkayu, Harleywood meraih juara satu untuk di nomor putera, sedangkan di lomba kelereng putri dimenangkan kontingen Mamuju.

Keseruan juga berlangsung saat lomba balap karung dan lomba karaoke, sejumlah komisioner dan staf lomba adu vokal dengan lagu pilihan masing - masing. 

ketua panitia Porseni, Bustaman yang juga kasubag Umum KPU Sulbar menjelaskan, kontingen KPU Provinsi meraih juara umum setelah merebut enam medali emas, disusul kontingen KPU Mateng dan dan posisi ketiga ditempati KPU Mamuju. (rls/har)

comments