Taklimat Awal Tim Wasrik Polri, Kapolda Sulbar Harap Berikan Data Seakurat Mungkin

On Rabu, Agustus 14, 2019

MASALEMBO.COM

Brigjend Pol Baharuddin Djafar menyampaikan sambutan di acara taklimat awal tim wasrik Polri (Humas Polda Sulbar)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Tahap pengawasan dan pemeriksaan oleh Tim Wasrik (Pengawasan dan Pemeriksaan) Wilayah II Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri di wilayah hukum Polda Sulawesi Barat dimulai dengan taklimat atau pengarahan awal, Rabu (14/8/19).

Taklimat awal berlangsung di aula Arya Guna Polda Sulbar dibuka oleh Kapolda Brigjen Pol Baharudin Djafar, didampingi Wakapolda Irwasda dan Wakil Ketua Tim Itwasum Polri Kombes Pol Tri Maryanto.

Pelaksanaan kegiatan ini juga tampak dihadiri para pejabat utama Polda Sulbar, Kapolres dan jajaran hingga ke Polsek.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulbar AKBP Hj Mashura mengatakan, Tim Wasrik Itwasum Polda Sulbar akan melaksanakan tugasnya selama 10 hari di seluruh jajaran Polda Sulbar. Pelaksaan tugas tim terhitung mulai 14 sampai 23 Agustus mendatang. 

"Tim akan fokus pada pengawasan dan pemeriksaan tahap II yaitu aspek pelaksanaan dan pengendalian,” tutur Mashura, Selasa (13/8/2019)

Mashura mengungkap, Kapolda Sulbar Baharudin Djafar telah menyambut baik tim Wasrik Polri. Ia menyampaikan selamat datang kepada tim sekaligus mengungkapkan berbagai harapan demi kemajuan Polda Sulbar di masa mendatang.

Dijelaskan Mashura, pemeriksaan dan pengawasan ini merupakan salah satu fungsi yang menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri. "Dengan pelaksanaan wasrik maka dapat diukur tingkat efektifitas, efisien, produktifitas, kapabilitas dan akuntabilitas dari satuan-satuan Polri," tuturnya.

Dikatakan, melalui Wasrik, institusi Polri dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan dan pencapaian yang telah ditetapkan, apakah tugas-tugas yang dilakukan berlangsung baik dan benar. Selain itu, wasrik juga merupakan salah satu fungsi kontrol agar mekanisme kerja yang ada di lingkungan Polri tidak keluar jalur yang telah ditetapkan sekaligus untuk mengetahui apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam rangka perbaikan.

“Kami harapkan kepada tim Wasrik Itwasum Polri kiranya dapat memberikan masukan terutama bagi kemajuan dan peningkatan kinerja Polda Sulbar beserta jajaran dan kepada Kasatker tingkat Polda maupun kewilayahan agar menerima tim Wasrik dengan sebaik-baiknya serta memberikan keterangan secara terbuka dan transparan dan apa adanya sehingga tim memperoleh masukan yang benar tentang situasi dan pelaksanaan tugas pada masing-masing satker,” ujarnya.

Kapolda Sulbar Brigjend Pol Baharuddin Jafar sendiri berharap, agar para Kepala Satuan Kerja menyiapkan pelaksanaan wasrik dan memberikan penjelasan seakurat mungkin kepada tim dengan didukung dokumen yang lengkap. "Jika ada hal-hal yang dianggap kurang dan perlu perbaikan agar segera meminta petunjuk kepada tim untuk memudahkan upaya-upaya perbaikan sehingga seluruh kegiatan wasrik dapat berjalan dengan lancar," harap Kapolda.

Sementara, wakil ketua tim wasrik mengucapkan apresiasinya atas sambutan hangat yang diberikan oleh Kapolda Sulbar dan jajarannya serta berharap agar rangkaian tugas yang akan berlangsung selama 10 hari ini didukung dengan melengkapi data yang dibutuhkan. (rls/awl)

comments