BPBD Prediksi Kerugian Akibat Kebakaran Pasar Topoyo Capai Miliaran, Berikut Datanya...

On Senin, September 02, 2019

MASALEMBO.COM

Korban kebakaran sedang mencari sesuatu diantara puing bangunan. 

MATENG, MASALEMBO.COM -- Kebakaran yang menghanguskan Pasar Topoyo di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, mengisahkan duka bagi pemilik bangunan.

Seperti yang dialami Sofian (32). Korban keganasan si jago merah ini telah kehilangan dua Rumah Toko (Ruko) miliknya. Malam kejadian, lelaki disapa Fian itu sedang berada diluar rumah.

"Setelah saya datang semuanya sudah hangus terbakar. Yang tersisa hanya pakaian di badan," tutur Sofian, Senin (2/9).

Sofian menatap bekas Ruko miliknya yang hangus terbakar. 

Sofian adalah salah satu dari 122 unit los dan ruko yang menjadi korban kerbakaran di Pasar Topoyo pada Sabtu (31/8), dini hari.

"Kerugian saya mencapai ratusan juta. Semuanya habis terbakar," terang Sofyan. 

Sementara itu, BPBD Mateng mencatat bangunan yang hangus akibat kebakaran berjumlah 122 unit. Terdiri dari 90 unit los, dan 32 unit ruko. Kerugian ditaksir mencapai Rp3.294.000.000.

"Ini hasil pendataan sementara," kata Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mateng Rizky Ilhamsyah.

Legislator Mateng Alamsyah Arifin Kabid Operasional Damkar Musdir, Kabid LLAJ dan angkutan Dishub Mateng H Salman, saat terjadi kebakaran. Sabtu (31/8) Dini hari  

Menurut Rizky, Dinas Koperindag sedang melakukan pendataan los pasar yang terbakar. "Kita masih menunggu akurasi datanya," jelas lelaki yang akrab disapa Ukki itu.

Lanjut dijelaskan Ukki, saat ini tim gabungan terdiri dari Dinas Sosial, Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Koperindag, TNI, Polri, PMII, Eelawan Kamu Bisa, dan Sahabat AAT, sedang membangun posko induk. (jml/riz)



comments