Mamasa Akhirnya Punya Museum Budaya

On Selasa, September 10, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Mamasa Ramlan Badawi meresmikan museum Negeri Demma Tande (Frendy Cristian)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Museum Budaya Mamasa akhirnya diresmikan pemrintah daerah, Senin (9/9/2019). Museum budaya yang berlokasi di Pa’tolongan Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, diresmikan H. Ramlan Badawi.

Museum ini diberi nama Museum Negeri Demma Tande, dianggap sebagai terobosan baru dalam melestarikan peninggalan bersejarah dan budaya Kabupaten Mamasa.

Bupati Ramlan Badawi saat meresmikan museum ini mengatakan, Kabupaten Mamasa memiliki banyak potensi mulai dari sumber daya alam dan budaya serta kearifan lokal masyarakat yang harus dilestarikan. "Ada lima manfaat berkunjung di museum yakni menambah pengetahuan dan wawasa terkait budaya dan sejarah masyarkat Mamasa,” ungkap Bupati Mamasa yang menjabat di periode ke dua ini.

Pihaknya berharap, museum itu selain menjadi wadah pelestarian budaya dan peninggalan, juga menjadi tempat edukasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mamasa, Muh Musyukur menejelaskan, museum tersebut masuk dalam kategori lokal karena di museum itu hanya menyimpan peninggalan budaya-budaya Mamasa saja.

Menurutnya, selain sebagai tempat wisata, tujuan utama dari museum itu sebagai tempat edukasi, untuk mengajarkan budaya Mamasa kepada generasi muda. (frd/har)

comments