Antisipasi Corona, Suhu Tubuh Penumpang hingga Awak Kapal Dicek

On Wednesday, March 18, 2020

MASALEMBO.COM

Penumpang kapal Fery tujuan Balikpapan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. (Foto: Sudirman/Masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) di Kabupaten Mamuju, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar melakukan pengecekan suhu tubuh kepada penumpang kapal feri tujuan Balikpapan, dengan menggunakan thermal scanner.

"Penumpang yang datang maupun yang berangkat semua dites suhu tubuhnya untuk mengantisipasi penyebaran covid-19," kata Koordinator Wilayah Kerja Bandara Tampa Padang KKP Kemenkes, Yonhita Palimbunga di Pelabuhan Feri Simboro, Mamuju, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, pengawasan tetap dilakukan untuk mengantisipasi menyebarnya covid-19.

Yonhita mengatakan, selain pengecekan suhu tubuh, juga disediakan alat cuci tangan yang selama ini belum disediakan di pelabuhan.

"Dengan demikian penyebaran covid-19 dapat diantisipasi. Kita berlakukan semua kepada, penumpang yang naik dan turun," jelasnya.

Dia mengatakan, pencegahan ini akan terus dilakukan hingga batas yang tidak ditentukan.

"Pemerintah menetapkan batas hingga tanggal 29 Mei. Namun bila kedepannya masih ada maka akan tetap dilanjutkan sesuai instruksi pimpinan," kata Yonhita.

Upaya pengawasan yang dilakukan KKP bekerjasama dengan ASDP dan instansi terkait dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan feri Mamuju untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan penumpang.

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan yang ada di Sulbar yang meliputi, Kabupaten Mamuju, Majene, Polman dan Pasangkayu serta bandara.

Menurutnya, KKP dan instansi terkait terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran virus corona di seluruh pelabuhan dan bandara yang menjadi pintu masuk ke Sulawesi. (dir/red)

comments