-->

Hot News

Kesbangpol Asahan Sosialisasikan Penanganan Konflik Sosial

By On Kamis, Oktober 27, 2022

Kamis, Oktober 27, 2022


Masalembo.com,  Asahan - Bupati Asahan H Surya BSc melalui Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, M.Si secara resmi membuka Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial, yang digelar di Aula Hotel Antariksa Kisaran, Kamis (27/10/2022).

Acara yang dimulai dari laporan panitia oleh Kepala Bidang Kewaspadaan Dini Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan Cholil Abdi , S. Pd, sedangkan narasumber terdiri dari PS Kasat Intel Polres Asahan IPTU SRT Siburian dan Kasi Intel Kejari Asahan Josron Malau.

Dalam kata sambutannya Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, M.Si mengatakan, Konflik Sosial sebagaimana selanjutnya di sebut konflik merupakan perseteruan atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung diwaktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan bisa mengganggu stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan.

"Untuk itulah Kabupaten Asahan melalui dinas kesbangpol perlu melaksanakan sosialisasi penanganan konflik sosial," kata Buwono

Asisten pemerintah Kabupaten Asahan ini juga mengatakan, dalam rangka terwujudnya stabilitas keamanan dan ketertiban umum di daerah khususnya di Asahan perlu secara berama melakukan upaya pencegahan melalui peringatan dini serta memberikan informasi kepada publik tentang terjadinya konflik dan upaya penanganannya

 Selain itu tim terpadu penanganan konflik sosial yang sudah dibentuk bertugas antara lain, menyusun rencana aksi terpadu, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan dan mengawasi penangan konflik yang kemungkinan terjadi sehingga stabilitas keamanan ketertiban umum di daerah  tetap terjaga.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Narasumber dari Polres Asahan PS Kasat Intel Polres Asahan IPTU SRT Siburian menerangkan tentang kenapa bisa terjadi konflik di suatu daerah.

Sedangkan narasumber dari Kejari Asahan Kasi Intel Josron Malau mengatakan tidak akan maju suatu negara kalau di negara tersebut banyak terjadi konflik. (MI)

comments