-->

Hot News

Peringati HLUN ke 27, Kadis Kesehatan Palopo Ajak Lansia Tetap Produktif

By On Selasa, Juni 06, 2023

Selasa, Juni 06, 2023

Kadis Kesehatan Palopo, dr. Nazaruddin Nawi. [Foto: Jaya/masalembo.com]


PALOPO, MASALEMBO.COM - Sekitar 70 orang lanjut usia (Lansia) berkumpul di halaman kantor Camat Wara Timur, menghadiri peringatan  Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 tahun 2023 sambil melakukan senam bersama, Selasa (6/6/2023).

Ke 70 lansia tersebut berasal dari 7 kelurahan di wilayah Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo. Adapun tema "Lansia Terawat,Indonesia Bermartabat".

Kegiatan ini dihadiri, Sekda Kota Palopo, Firmanza, Kadis Kesehatan, dr. Nazaruddin  Nawir dan Camat Wara Timur, Ruslan serta lurah dan Kepala Puskesmas (Kapus).

Camat Wara Timur, Ruslan mengatakan, bahwa kegiatan HLUN baru pertama kali diadakan, sejak dua tahun belakang ini.

"Kami sangat senang dan bahagia bisa berkumpul bersama para orang tua lanjut usia, sekaligus senam bersama semoga kegiatan ini berlanjut tiap tahun. Kedepannya baik para pejabat yang masuk lansia akan nanti ikut memperingati, perlu kami sampaikan kepada kita semua yang muda untuk mengurus orang tua kita masuk lansia, karena itu tanggung jawab kita bersama," kata Camat Wara Timur, Ruslan.

Ditempat sama, Kadis Kesehatan, dr. Nazaruddin Nawir menyampaikan didepan para lanjut usia, agar momen peringatan HLUN dijadikan motivasi untuk selalu produktif.

"Perlu kami sampaikan kepada semua orang tua kami yang hadir pada peringatan lanjut usia, agar tetap produktif dan jangan sampai menjadi beban. Selain itu lanjut usia ada 3 kategori dalam ilmu kedokteran, yaitu lansia muda antara 50 - 59 tahun, lansia Madya usia 60- 69 sedangkan lansi tua 70 - 80 tahun," kata dr. Nazaruddin Nawir.

Lanjut kata dr. Nazaruddin Nawir ia juga mengajak para lansia untuk menjaga pola makan dan tetap selalu melakukan olahraga.

"Lanjut usia itu adalah hukum alam, tetapi tetap kita berusaha untuk menjaga sel-sel kita dengan pola makan sehat dan olahraga ringan, tak usah lagi makan yang dapat mengganggu usus kita. Karena usia diatas 55 tahun sel manusia sudah lambat meregenerasi sel yang mati, makanya usia diatas 55 tahun sudah mulai lambat pergerakan," ungkap dr. Nazaruddin Nawir.

Terpisah Sekda Palopo, Firmanza dalam hal ini mewakili Wali Kota Palopo menyampaikan, puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga dapat berkumpul dalam memperingati hari lanjut usia nasional (HLUN).

"Terlebih dahulu kami ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga dapat berkumpul pada peringatan hari lanjut usia nasional serta tak lupa kita ucapkan shalawat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW sebagai umat muslim. Kami mewakili beliau bapak Wali Kota Palopo karena beliau ada urusan. Kita sangat berbahagia dapat berkumpul hari ini dengan orang tua kita. Karena dalam amanat undang undang peran orang tua pendahulu kita sangat kita hargai, yaitu dalam perebutan kemerdekaan yang bisa dinikmati saat ini," ungkap Firmanza.

Kegiatan lansia dilanjutkan, mewarnai serta membentuk lingkaran sambil diiringi musik dan saling mengoper bola.(Jaya)

comments