-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Begini Cara Umat Muslim Mamasa Sambut Tahun Baru Islam

On Tuesday, September 11, 2018

MASALEMBO.COM

Umat Muslim Mamasa menggelar pawai lampion keliling kota Mamasa (Foto: Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Seperti inilah cara ratusan umat Muslim Mamasa meyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H. Ratusan umat muslim di daerah un menggelar pawai lampion, Senin (10 /9)

Sebelum melakukan pawai, ratusan peserta terlebih dahulu berkumpul di Mesjid Agung Nurul Yaqin Mamasa. Mereka kemudian berkeliling kota dengan membawa sejumlah lampion. Pawai ini tak hanya diikuti orang dewasa namun sejumlah anak-anak dari remaja mesjid juga diikutkan.

Peyambutan tahun baru Islam kali ini cukup berbeda tahun sebelumnya, dimana pawai dilakukan dengan mengarak obor keliling kota, tetapi kali ini pawai dilakukan dengan menggunakan lampion.

Nanni, salah seorang peserta mengatakan, selain pawai  juga dilakukan lomba kreasi pembuatan lampion bagi anak-anak Taman Pengajian Al Qur'an (TPA) Mamasa. Muriid TPA membuat lampion dengan menggunakan barang-barang bekas, kemudian lampion tersebut digunakan saat pawai.

Video pawai lampion di Mamasa

Ketua Panitia Abd. Hafid mengugkapakan, kegiatan tersebut adalah rutinitas setiap tahun di Mesjid Agung Nurul Yaqin Mamasa dalam meyambut setiap datangnya tahun baru Islam. Kali ini, telah melibatkan sejumlah Mesdjid di wilayah Kecamatan Mamasa.

Jika sebelumya pawai obor, saat ini pawai lampion. Lampion sengaja dipilih karena dinilai memiliki ciri khas tersendiri dan aman bagi semua semua peserta terkusus anak-anak. Kegiatan pawai lampion meyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah di Kabupaten Mamasa mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polres Mamasa. (frd/har)

comments