-->

Hot News

Kabupaten Majene Wacanakan "Kampung Ikan" di Setiap Kecamatan

By On Sabtu, Juni 29, 2019

Sabtu, Juni 29, 2019

Bupati H Fahmi Massiara saat menghadiri launcing kampung ikan di pendopo bupati Majene (Foto: Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene tengah menggagas "kampung ikan" di setiap kecamatan. Kampung ikan dimaksud adalah pembudidayaan ikan secara massif baik tambak maupun kolam di suatu kawasan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Majene Ichwati mengatakan, nantinya kampung ikan tersebut diharapkan menjadi suplier pengembangan pengolahan ikan di Majene demi memperkuat sektor perikanan daerah ini.

"Di kampung ikan ini akan ada keterpaduan semua pelaku usaha yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan," ucap Ichwati di acara launching dan uji publik kampung ikan Majene, Kamis (27/6/2019) di pendopo rujab bupati. Kampung ikan ini merupakan proyek perubahan Latpim II angkatan IV Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Baca juga: Sabut Kelapa Majene Didorong Masuk Industri Jok Mobil

Kadis Ichwati menjelaskan, dengan hadirnya kampung ikan maka monitoring, pembinaan dan evaluasi memudahkan pemerintah mengembangkan potensi perikanan dan kelautan Majene yang sangat potensial. Namun untuk tahap awal, pihaknya hanya fokus di dua kecamatan, yakni Banggae dan Banggae Timur. Di Banggae Timur, kampung ikan ditempatkan di Kelurahan Baurung dan Lembang, sementara Banggae lokasinya di Kelurahan Rangas dan Totoli.

"Untuk kedepannya kami harapkan di setiap kecamatan tebentuk kampung ikan dan ada pemasaran andalan," ucap Ichwati.

Bupati Majene H Fahmi Massiara yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan arahan. Ia mengatakan profesionalisme sebagai nafas MP3 (Majene Profesional, Produktif, Proaktif) diharapkan lahir dari Latpim yang diikuti Ichwati. Fahmi harapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur. Tahun ini sebut Fahmi, terdapat tiga aparatur eselon II Majene yang mengikuti Latpim II di LAN Makassar. Bupati berharap agar mereka meraih hasil yang maksimal demi kemajuan aparatur Pemkab Majene.

Terkait kampung ikan, Fahmi mengatakan agar dapat membantu peningkatan perekonomian warga sekitar. Kata dia, di sejumlah titik di Majene, warga telah membudidayakan ikan cukup bagus sehingga proyek perubahan milik Ichwati tersebut dapat berkesinambungan.


"Kampung ikan sudah ada di beberapa titik di kecamatan di Lembang dan Baurung dan sekitarnya. Terpenting adalah bagaimna monitoring dari profer ini agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, memberikan nilai tambah dan tidak berakhir begitu saja," ucap Fahmi.

"Kita semua salut dan apresiasi terhadap masalah ini, sedapat mungkin bisa memberikan nilai tambah di sektor sumber daya perikanan dan kelautan," pungkasnya.
Untuk diketahui, launching proyek perubahan Latpim II Kampung Ikan Majene ini turut dihadiri wakil bupati H Lukman, sekretaris daerah Andi Achmad Syukri Tammalele, para pimpinan OPD dan ketua TP PKK Majene Fatmawati Fahmi. (har/red)

comments