-->

Pasien Postif Covid-19 di Kabupaten Sumenep Bertambah 6 Orang Menjadi 24 Orang

On Sunday, June 21, 2020

MASALEMBO.COM

Humas Satgas Covid-19 Ferdiansyah Tetrajaya (Foto: Khairullah Thofu)


SUMENEP, MASALEMBO.COM - Humas Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sumenep yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep, umumkan tambahan warga di daerahnya yang positif terpapar Covid-19. Jumlah tambahan terbut sebanyak 6 orang. Dengan tambahan tersebut warga positif Covid-19 di daerah ini menjadi 24 orang. Rinciannya sebanyak 8 orang sembuh, 1 orang meinggal dan 15 orang dalam perawatan.

Sebelumnya jumlah penambahan sebanyak 5 warga positif Covid-19. Akan tetapi selang beberapa waktu Humas Satgas Covid-19 mengumumkan kembali penambahan 1 warga positif Covid-19. Jadi saat ini jumlah keseluruhan warga positif menjadi 24 orang.

Humas Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ferdiansyah Tertajaya, menjelaskan transmisi terpaparnya pasien positif Covid-19 tersebut. Untuk 4 pasien positif Covid-19 merupakan klaster baru yang diketahui terpapar bukan dari zona merah. Sedangkan pasien nomor 5 merupakan klaster dari zona merah yaitu Surabaya.

Klaster baru yang dimaksud Ferdiansyah merupakan transimisi lokal yaitu sebuah perusahaan rokok, di Kabupaten Sumenep yang diketahui selama ini terus beroprasi di tengah pandemi yaitu PT Tanjung Odi.

Sedangkan kelima warga positif Covid-19 tersebut sedang dilakukan penjempupatan oleh pihak Rumah Sakit, Dr. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Penangan Covid-19.

“Saat ini semua pasien terkonfirmasi Covid 19 tersebut telah dilakukan penjemputan, untuk mendapatkan perawatan intensif di RSUD Moh Anwar Sumenep,” ujar Ferdiansyah pada 20 Juni 2020 kemarin.

Tamabahan positif Covid-19 untuk yang 5 orang tersebut dapat diketahui setelah dilakukan penanganan seperti rapid test dan swab terhadap tambahan 5 pasien positif Covid-19 itu dilakukan dalam waktu yang berbeda. Namun hasilnya keluar pada tanggal yang sama yakni 20 Juni 2020

Sedangkan untuk pasien tambahan 1 orang lagi, yaitu  pasien nomor 24 yang baru diumumkan selang konfrensi pers penambahan 5 orang positif Covid-19, melalukan test secara mandiri dan hasil dari rapid testnya menyatakan reaktif dan pada tanggal 11 Juni 2020. Test swab dan hasilnya yang keluar pada 20 Juni kemarin menunjukkan positif Covid-19.

"Hari ini tanggal 20 Juni 2020 yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan sekarang dirawat di RSUD Moh Anwar Sumenep," jar Ferdiansyah dalam konfrensi persnya kemarin malam.

Kemudian Ferdiansyah merinci ke 6 pasien positif Covid-19 untuk menjadi himbauan kepada masyarakat sekitar untuk terus melakukan pola hidup bersih, tingkatkan kewasapadaan dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah dibuat pemerintah.

Untuk Pasien nomor 19 adalah perempuan berumur 20 tahun asal Surabaya tinggal di Kecamatan Guluk-Guluk. Pasien nomor 20 adalah laki-laki berumur 30 tahun asal Kecamatan Rubaru yang tertular melalui istrinya yang kerja di PT Tanjung Odi. Pasien nomor 21-23 adalah perempuan berumur 34, 31 dan 27 tahun asal Kecamatan Dasuk. Mereka semua juga merupakan karyawan PT Tanjung Odi Sumenep, sedangkan untuk pasien nomor 24 adalah seorang perempun umur 28 Tahun, dan salah satu karyawan BUMD.

Dan Satgas Covid-19,sudah melakukan tracing terhadap Semua kontak pasien Covid-19, dan sudah melakukan penyemperotan di daerah sekitar tempat tinggal seluruh pasien positif Covid-19.

Ferdiansyah mengimbau, maysarakat diminta tetap tenang dan selalu waspada, tetap menerapkan pola hidup Bersih, dan memfilter semua informasi yang didapat, agar tidak menimbulkan kepanikan bagi masyarakat.

“Ikuti informasi yang dapat dipertanggung jawabkan serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan seperti, hindari kerumunan, selalu memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan tetap di rumah, jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Khairullah Thofu
Editor: Harmegi Amin

comments
close
Banner iklan disini