-->

Hot News

Humas Karantina Pertanian Mamuju Timba Ilmu Jurnalistik di Nusa Pustaka Mandar

On Sunday, October 18, 2020

MASALEMBO.COM

Pelatihan Jurnalistik dan Fotografer di Nusa Pustaka Mandar Pambusuang, Polman. (Foto: Pusva untuk masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Hubungan masyarakat (humas) di sebuah instansi merupakan ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Karena itu personil humas haruslah cakap, kreatif serta memiliki kemampuan menulis yang baik khususnya di bidang jurnalistik. Tentu, agar mereka mampu menyampaikan kinerja instansinya dengan benar ke masyarakat sesuai perkembangan teknologi.

Atas dasar itu, Humas Karantina Pertanian Mamuju mengirim tujuh staf untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi yang diselenggarakan oleh Armada Pustaka Mandar bertempat di Nusa Pustaka, Pambusuang, Kabupaten Polewali Mandar, Jumat (16/10/2020).

Praktek liputan oleh peserta Pelatihan Jurnalistik dan Fotografer oleh Nusa Pustaka Mandar dan Balai Karantina Pertanian Mamuju. (Foto: Pusva untuk masalembo.com)

Pengasuh Armada Pustaka Mandar yang juga menjadi narasumber adalah Muhammad Ridwan Alimuddin. Ketua Aliansi Jurnalis Indipenden (AJI) Kota Mandar pemegang sertifikat jurnalis utama ini dikenal banyak melakukan aktivitas pendokumentasian baik foto maupun video.

"Kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Museum Nusa Pustaka ini merupakan kali pertama Nusa Pustaka mendapat kunjungan dari intansi pemerintahan untuk menimba ilmu. Biasanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa saja,” ungkap Ridwan saat menyambut staf Humas Karantina Pertanian Mamuju, Jumat.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan (Karantina Pertanian Mamuju), bisa terlibat langsung dan berbagi ilmu bersama teman-teman," ujar duta baca Provinsi Sulbar ini.

Pelatihan Jurnalistik dan Fotografer kali ini berlangsung selama dua hari, 16 sampai 17 Oktober. Pelatihan memadukan metode diskusi dan praktek di lapangan. 

"Meski singkat, namun peserta diharapkan mampu menyerap dan mempraktekkan ilmu yang diperoleh sehingga kemampuan tim Humas Karantina Pertanian Mamuju bisa lebih baik lagi dalam menyajikan informasi ditengah masyarakat," kata Pusva Muchtar, Koordinator Tim Humas Karantina Pertanian Mamuju.

Pelatihan Jurnalistik dan Fotografer di Nusa Pustaka Mandar Pambusuang, Polman. (Foto: Pusva untuk masalembo.com)

Materi yang didapatkan antara lain teknik dasar jurnalistik, foto jurnalis, fotogtafi humas dan memotret human interest. Usai materi kelas dilakukan dengan praktek lapangan. Hasil praktek kemudian dievaluasi oleh narasumber yang langsung diperlihatkan ke peserta.

Lydersy Astrid C Seu, salah satu anggota tim humas Karantina Pertanian Mamuju mengaku bersyukur dapat berkesempatan mengikuti peatihan ini. “Saya jadi bisa tahu cara penulisan berita yang benar termasuk penggunaan tanda baca, penempatan kata kerja dan kata benda yang benar, termasuk teknik pengambilan gambar yang benar untuk hasil yang memuaskan," ujarnya.

Lydersy mengaku meraih banyak ilmu dan pengalaman baru dalam pelatihan kali ini. "Semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya," harapnya. (rls/red)

comments