-->

Dipersiapkan Jadi Kepala Sekolah, 40 Guru TK dan SD di Majene Ikuti Diklat

On Jumat, Februari 19, 2021

MASALEMBO.COM

Sejumlah guru TK dan SD foto bersama di sela kegiatan diklat cakep di gedung LPMP Sulbar, Rangas, Majene. (Masalembo.com/egi)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Sebanyak 40 guru TK dan SD di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) calon kepala sekolah (cakep) tahun 2021. Mereka merupakan guru TK dan SD dari delapan kecamatan di Kabupaten Majene. 

Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulbar, Rangas, Majene. Mereka dijadwalkan bakal mengikuti diklat tersebut selama empat bulan.

Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemda Majene, Nurdin mengatakan, para peserta Diklat akan dipersiapkan untuk mengisi lowongan kepala TK dan SD yang kosong. Bahkan, diantara mereka sudah ada yang berstatus pelaksana tugas kepala sekolah.

"Sebagian memang sudah pelaksana. Selain itu persiapan juga, karena tidak bisa lagi sekarang jadi kepala sekolah kalau tidak memiliki sertifikat cakep," kata Nurdin, Jumat (19/2/2020).

Nurdin menjelaskan, bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 setiap kepala sekolah wajib mengikuti diklat dan latihan cakep, yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga berwewenang.

Menurut Nurdin, para peserta akan mengikuti diklat cakep tersebut selama empat bulan. Materi yang diikuti baik dalam ruangan bahkan hingga latihan di luar kelas. 

"Harapannya semua yang mengikuti proses diklat ini pemahamannya tentang tugas pokok kepala sekolah akan lebih baik. Peserta diklat ini memang dibekali bagaimana menjadi kepala sekolah yang baik," pungkas Nurdin. (Har/Red)

comments