-->

Buntut Surat Edaran Rektor, Demo Mahasiswa Unismuh Blokir Jalan

On Minggu, November 28, 2021

MASALEMBO.COM

Mahasiswa Unismuh saat menggelar aksi unjuk rasa menolak surat edaran rektor. [Ist/masakkasartoday.com]


MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar aksi unjuk rasa di depan gerbang Kampus Unismuh, Sabtu (27/11/2021).

Demonstrasi tersebut merupakan buntut dari surat edaran Rektor Unismuh Makassar Nomor 1435/05/A.4-II/XI/43/2021 tentang larangan pelaksanaan kegiatan kaderisasi oleh mahasiswa di tingkat universitas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Badan Eksekutif Mahasiswa. (BEM).

Aksi berlangsung meski diguyur hujan. Para demonstran kemudian membakar ban bekas dan naik ke salah satu truk yang berhenti, mereka meneriakkan segala aspirasi.

“Tindakan kami hari ini menuntut keputusan rektor yang kami anggap tidak adil, yaitu pelarangan proses kaderisasi di lembaga HMJ, khususnya BEM dimana posisi kami sebagai lembaga internal kampus,” kata Ikram, Ketua BEM FISIP Unismuh saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/11/2021).

Demonstrasi kemudian berlanjut di kampus tepat di depan gedung rektorat Menara Iqra Unismuh. Semua mahasiswa yang beraksi kembali meneriakkan aspirasi dan tuntutannya dan kembali membakar ban.

Diketahui, surat edaran rektor yang dikeluarkan pada 25 November 2021 hanya mengizinkan kegiatan kader Persyarikatan Muhammadiyah dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan melarang proses kaderisasi dilakukan oleh lembaga lain.

Namun, ratusan mahasiswa yang terdiri dari berbagai HMJ dan BEM se-Unismuh menolak keputusan rektor dan menuntut pencabutan surat edaran yang dinilai tidak adil itu.

“Semua teman-teman kami dari HMJ dan BEM merasa diabaikan, kami menuntut agar SK rektor ini dicabut,” kata Erick Febriansyah, jenderal aksi massa lapangan. Hingga berita ini ditulis, Wakil Rektor III Unismuh Bidang Kemahasiswaan tidak menjawab panggilan wartawan. (Andini).

Sumber: Makassartoday.com

comments