-->

Penyerapan DAK dan DD Majene Capai Angka 100 Persen, AST Harap Dipertahankan

On Sabtu, Februari 12, 2022

MASALEMBO.COM

Bupati Andi Achmad Syukri saat menyampaikan sambutan. [Prokompi Setda/Sufyan Ilbas]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kabupaten Majene menempati posisi tertinggi realisasi penerimaan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD) di Sulawesi Barat. Penyerapan DAK dan DD Kabupaten Majene mencapai angka 100 persen. 

Hal tersebut sesuai laporan di tahun anggaran 2021 untuk wilayah KPPN Majene. Atas hasil tersebut, Bupati Andi Achmad Syukri berharap prestasi itu dapat dipertahankan oleh semua OPD pengelola DAK dan Kepala Dinas PMD Majene khusus untuk penyaluran DD. 

"Kami juga berterima kasih kepada KPPN Majene atas pembinaan dan arahan yang diberikan kepada jajaran kami," ucap Andi Syukri saat kegiatan Audiensi Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat Bersama Pemkab Majene, Kamis 10 Februari 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati.


Dalam kesempatan tersebut ia juga menginstruksikan kepada Pengguna Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk memerintahkan pejabat teknis melakukan persiapan yang diperlukan di triwulan pertama tahun 2022. Program-program alokasi anggaran utama harus betul-betul dominan sebelum kegiatan pendukung seperti perjalanan dinas dan honorarium. Ia juga meminta agar KPA melakukan pengawasan berkala penggunaan anggaran; jangan sampai ada yang disalah gunakan sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. 

Bupati yang akrab dengan akronim AST itu, juga meminta OPD memperbaiki koordinasi dan sinergi dengan pimpinan Pemda serta melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada publik mengenai kegiatan, anggaran dan hasil-hasil output yang dicapai sehingga masyaraat mendapatkan informasi yang utuh dan benar.

Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Sulbar M Syaibani di kesempatan ini mengapresiasi prestasi yang diraih Kabupaten Majene. Hal tersebut menjadi salah satu wujud pertanggung jawaban nyata yang telah direalisasikan ke masyarakat. 

"Ini luar biasa, tahun lalu dengan berbagai dinamika yang ada kita bisa menyerap anggaran hingga 99,8 persen. Ini menjadi prestasi yang sangat baik," ucapnya.

Ia juga berharap, agar prestasi tersebut bisa terus berlanjut dengan terus mengoptimalkan koordinasi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Majene Arismunandar, Kajari Nursurya, Dandim 1401, Sekda Ardiansyah, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD serta para Kabag Setda Majene. (Adv/Red)

comments