-->

Pemda Buteng Kembali Buka Beasiswa Samatau

On Rabu, Februari 02, 2022

MASALEMBO.COM

Bupati Buton Tengah Samahudin [ist]


BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara kembali membuka pendaftaran Beasiswa Samatau (Samahudin-La Ntau). Beasiswa Samatau ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa yang berdomisili di wilayah Buton Tengah. 

Pembukaan pendaftaran Beasiswa Samatau ini merupakan salah satu bentuk dari tindakan nyata dalam merealisasikan program-program kerja pasangan bupati dan wakil bupati Buton Tengah yakni Samahudin-La Ntau.

Diketahui, Beasiswa Samatau terdiri dari dua jenis, yaitu beasiswa jalur prestasi dan beasiswa jalur kurang mampu. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Buton Tengah, Ahmad Nasmudin mengatakan pembukaan Beasiswa Samatau juga merupakan upaya Pemda Buteng dalam mengembangkan pengembangan di segala sektor khususnya di bidang pendidikan.

Dikatakan Ahmad Nasmudin, Beasiswa Samatau mulai dibuka pada 31 Januari hingga 14 Februari 2022. Hal tersebut sambung pria berkacamata ini telah sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Buteng Nomor 422.5/102/2022 yang ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, Kostantinus Bukide dimana masa pembukaan Beasiswa Samatau ini hanya berlangsung selama 14 hari atau dua minggu.

Kabag Kesra Pemda Buton Tengah Ahmad Nasmudin [ist]

Adapun syarat bagi mahasiswa asal Buton Tengah yang berniat untuk mendaftar maupun untuk mendapatkan Beasiswa Samatau tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Pelamar wajib menyertakan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga domisili Buteng,

2. Mahasiswa aktif dengan menunjukan kartu mahasiswa disertai keterangan dari Perguruan Tinggi,

3. Telah mengikuti kuliah pada salah satu perguruan tinggi minimal semester 3,

4. Menunjukan Kartu Hasil Studi semester ganjil tahun 2021/2022 dengan IPK 3,35,

5. Surat pernyataan dari perguruan tinggi bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau pihak lain,

6. Mahasiswa perguruan tinggi dengan program studi akreditasi minimal B,

7. Surat Keterangan (SK) kepala desa/lurah yang menerangkan dari keluarga tidak mampu,

8. SK dari Dinas Sosial Buteng bahwa telah terdaftar dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),

9. Melampirkan buku rekening Bank Sultra atas nama pemilik.

Terkait dengan informasi pendaftaran beasiswa dan pengiriman berkas kata Ahmad Nasmudin, pihaknya telah menyampaikan informasi dimaksud melalui grup Whatss App Cerdas Samatau dan media sosial lainya. 

Disamping itu, bagi pelamar atau mahasiswa yang berdomisili di wilayah Buton Tengah, maka mahasiswa tersebut dapat langsung membawa berkasnya ke kantor Bupati Buteng, bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Buteng.

"Sementara untuk pelamar yang ada diluar daerah (Buteng) dapat mengirimkan berkasnya melalui kantor pos atau jasa pengiriman dengan alamat kantor Bupati Buteng bagian Kesra Sekda Buteng, Jalan Gersamata Nomor 5, Kecamatan Lakudo, dengan kode Pos 93763," jelasnya, Senin (31/01/22).

Ahmad Nasmudin menambahkan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat pada salah satu program Beasiswa Samatau ini maka dapat segera menyerahkan berkas persyaratannya sebelum masa pendaftaran ditutup.

"Jadi kita tidak memberikan batasan kepada para mahasiswa yang akan mendaftarkan diri dalam mendapatkan Beasiswa Samatau ini. Namun, dibandingkan dengan mahasiswa yang telah menerima beasiswa Samatau ini tahun lalu, kita lebih memprioritaskan mahasiswa yang belum menerima beasiswa ini sama sekali," katanya.

Pemda Siapkan Anggaran Rp 950 Juta

Ahmad Nasmudin mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 950 juta untuk dialokasikan kepada salah satu program prioritas bupati, yakni Beasiswa Samatau.

Program Beasiswa Samatau adalah program unggulan Pemkab Buteng di sektor pendidikan yang tertuang dalam visi-misi calon bupati Buteng, Samahuddin dan Wakil Bupati, La Ntau sejak 2017 silam. 

Beasiswa Samatau bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Buton Tengah yang berkah (Bersih, Sejahtera, Produktif, Agamis, dan Harmonis) dengan  menciptakan sumber daya manusia yang unggul melalui pendidikan, sehingga kedepan pembangunan Buteng dapat maju dan memiliki daya saing dengan daerah lain melalui SDM.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, besaran jumlah anggaran Beasiswa Samatau tahun 2022 ini sedikit berkurang dimana anggaran Beasiswa Samatau tahun 2021 senilai Rp 1 miliar. Anggaran tersebut dihabiskan dengan penerima beasiswa sebanyak 509 orang dari total pelamar sebanyak 560 orang.

Pembukaan Pendaftaran Lebih Awal

Kabag Kesra Buton Tengah, Ahmad Nasmudin menuturkan pembukaan pendaftaran Beasiswa Samatau dibuka lebih awal ketika memasuki pergantian tahun baru. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pembukaan pendaftaran Beasiswa Samatau dilakukan menjelang akhir triwulan kedua tahun berjalan.

Hal ini kata dia, sengaja dilakukan oleh Pemda Buteng agar dalam proses pencairannya nanti dapat dilakukan pada triwulan pertama tahun 2022 atau awal Bulan Maret 2022.

"Jadi pendaftaran Beasiswa Samatau hanya 14 hari waktu pelaksanaanya. Setelah itu akan diseleksi berkas pendaftaran oleh tim panitia yaitu Kabag Kesra, asisten 1, Sekda, Kabag Hukum, Dinas PK, Bappeda, BKAD dan Dinas Sosial. Nantinya nama-nama yang lulus sesuai kriteria persyaratan, maka akan dicairkan beasiswa awal bulan Maret ini" katanya. (Adv)

comments