-->

Hot News

Ziarah ke Makam Syekh Abdul Mannan, Bupati Harap Situs Ulama Asal Persia Itu Selalu Dijaga

By On Sabtu, Oktober 08, 2022

Sabtu, Oktober 08, 2022


MAJENE, MASALEMBO.COM - Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 Hijriah Tahun 2022, Bupati Majene melakukan ziarah ke makam yang juga merupakan situs arkeolog yaitu makam Syekh Abdul Mannan yang berada di lingkungan Salabose Kelurahan Pangaliali, Kecamatan Banggae, Jumat (7/10/2022).

Syekh Abdul Mannan merupakan penyebar agama Islam di Kerajaan Banggae, setelah sebelumnya menyiarkan agama Islam di Pulau Jawa. Diantara peninggalan Ulama Persia tersebut yaitu Masjid Kuno Syech Abdul Mannan Salabose yang masih berdiri kokoh di tengah-tengah pemukiman warga Salabose.

Diperkirakan masjid tersebut berusia 400 tahun, seperti juga Al-Quran yang ditulis dengan tangan, masih terjaga dan akan dikeluarkan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Ramadhan di Salabose.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri mengatakan ziarah ke makam Syekh Abdul Mannan merupakan bagian dari rasa syukur karena agama Islam ada di Majene dan berkembang sangat pesat berkat jasa Syekh Abdul Mannan.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah Majene untuk mengembangkan wisata religi yang ada di Bumi Assamalewuang khususnya di Salabose.


Selain itu kata dia, sangat perlu menjaga situs-situs arkeolog agar generasi selanjutnya tetap mengetahui dan bisa melihat secara langsung situs sejarah Islam yang ada di Majene.

“Ini bagian dari upaya untuk mengembangkan wisata religi di Majene khususnya Salabose, “ ujarnya.

Turut bersama Bupati, sejumlah pejabat Forkopimda, para pimpinan OPD, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Seperti diketahui, Maulid di Salabose selalu didahulukan dari tempat-tempat lain di Mandar, khususnya Majene. Hal demikian sudah menjadi tradisi masyarakat muslim di tanah Mandar, Sulawesi Barat. (Hr/Ril)

comments