-->

Hot News

Menerima Penghargaan UHC, Bukti Nyata Pemkab Sumenep Lakukan Pelayanan Kesehatan

By On Rabu, Maret 15, 2023

Rabu, Maret 15, 2023

Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menerima penghargaan Universal Health Converage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. [Khairullah Thofu/masalembo.com]

SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pemerintah Kabupaten Sumenep mendapatkan penghargaan Universal Health Converage (UHC), dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMKI RI).

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk aspirasi Pemerintah Nasional, kepada Kabupaten/Kota yang berkomitmen mendukung program jaminan kesehatan masyarakat.

Sejak 07 November 2022 Pemkab Sumenep telah memberlakukan program UHC, untuk memastikan setiap masyarakat dapat diberikan kemudahan pelayanan kesehatan yang prima.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, penghargaan UHC ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Sumenep untuk memenuhi hak-hak dasar warganya.

"Penghargaan ini sebagai bukti pemerintah daerah bertekad, untuk memberikan akses dan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan jaminan hak dasar kesehatan," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi usai menerima penghargaan, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).

Pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan, kemudahan kepada setiap masyarakat untuk dapat mengakses kesehatan tanpa perlu melewati proses birokrasi yang sulit.

"Tanpa dipungut biaya hanya menunjukkan identitas kependudukan," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep ini juga mengingatkan, kepada seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan harus merealisasikan program itu dengan memberikan pelayanan terbaik.

Sebab menurutnya, hanya dengan meningkatkan kinerja tenaga medis dan fasilitas yang baik program UHC benar-benar berdampak positif kepada masyarakat Kabupaten Sumenep. 

Selain itu Achmad Fauzi juga menyampaikan jika program UHC merupakan wujud nyata ikhtiar pemerintah untuk terus hadir ditengah-tengah kebutuhan masyarakat. 

"UHC merupakan wujud kehadiran pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan," terangnya.

Maka semua pihak, harus bekerja secara optimal dan bergotong royong agar cita-cita pemerataan pelayanan kesehatan yang baik dan setara kepada setiap warga negara dapat terwujud.

"Sehingga seluruh jajaran bidang kesehatan harus memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat," tutur Bupati.

Kabupaten Sumenep memperoleh penghargaan UHC dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, yang penyerahannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian kepada Bupati Achmad Fauzi.

Selain itu, tenaga kesehatan agar senantiasa melakukan inovasi dan prestasi, demi memberikan kontribusi positif bagi derajat kesehatan masyarakat.

"Karena itulah, tenaga kesehatan dalam melayani pasien tidak membeda-bedakan pelayanannya baik umum maupun UHC," pungkas Bupati.  (TH/red)

comments