-->

Hot News

PKM Banggae I Lakukan Skrining Kesehatan Fisik dan Mental di Rutan Kelas II B Majene

By On Jumat, April 28, 2023

Jumat, April 28, 2023


MAJENE, MASALEMBO.COM - Puskesmas Banggae I telah melaksanakan kegiatan rutin skrining masalah kesehatan jiwa dan skrining PTM (periksaan tekanan darah dan gula darah) disertai pemeriksaan kesehatan gigi di Rutan Kelas II B Majene. Kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, 28 April 2023 ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan fisik dan mental dari pegawai rutan maupun warga binaannya.

Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah pemegang program kesehatan jiwa di Puskesmas Banggae I, Hanifah, S.kep, Ns dan penanggung jawab program PTM, Dewi Anriani, S.kep, Ns. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rutan Kelas II B Majene dengan melibatkan 64 orang pegawai rutan dan 104 warga binaan pemasyarakatan.



Dalam skrining kesehatan jiwa, para peserta diwawancarai untuk mengetahui adanya gejala atau keluhan yang berkaitan dengan kesehatan mental mereka. Sedangkan pada skrining PTM, para peserta diperiksa tekanan darah dan gula darah, serta dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi.

"Kegiatan ini sangat penting dilakukan secara rutin guna memastikan kesehatan fisik dan mental para pegawai rutan dan warga binaannya tetap terjaga dengan baik. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, kesehatan masyarakat dapat terus ditingkatkan," kata Hanifah, S.kep, Ns dalam keterangannya, Jumat (28/4).

Dikatakan, kegiatan skrining kesehatan fisik dan mental yang dilakukan oleh Puskesmas Banggae I di Rutan Kelas II B juga merupakan bagian dari upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat. "Dengan mengetahui kondisi kesehatan secara dini, maka para peserta dapat segera mendapatkan perawatan atau pengobatan yang sesuai, sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi atau kerusakan organ yang lebih serius," katanya.

Selain itu, kegiatan skrining juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental. Melalui kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh informasi tentang cara-cara menjaga kesehatan yang baik dan cara-cara untuk menghindari penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatannya dan meningkatkan gaya hidup yang sehat dan aktif. Kegiatan skrining kesehatan fisik dan mental ini akan terus dilakukan secara rutin oleh Puskesmas Banggae 1 di berbagai wilayah kerjanya guna memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga dengan baik. (Ril/Har)

comments