-->

Hot News

Kondisi Gedung Memprihatinkan, SD 17 Kolehalang Butuh Perhatian Pemerintah

By On Senin, Juni 05, 2023

Senin, Juni 05, 2023

Kondisi gedung Perpustakaan SD Negeri 17 Kolehalang yang sangat memprihatinkan. [Foto: ist/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - SD Negeri 17 Kolehalang yang terletak di daratan tinggi pengunungan sebelah utara pusat kota Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah setempat. Sekolah dengan jumlah siswa aktif mencapai 62 orang ini mengalami kondisi gedung yang sangat memprihatinkan.

Menurut Kepala SDN 17 Kolehalang, Amiruddin, S. Pd, salah satu gedung di SD tersebut tidak layak digunakan. Gedung tersebut dibangun sekitar tahun 90-an dan hanya mengalami perbaikan ringan 23 tahun silam.

Selain itu, yang sangat memprihatinkan dari sekolah ini adalah gedung perpustakaan yang sudah nyaris roboh dimakan usia. Kondisinya sama sekali tak layak digunakan lagi padahal perpustakaan adalah sarana yang sangat penting di sekolah.

Kondisi teras berlantai tanah dengan dinding tembok yang mulai lapuk. [Foto: ist/masalembo.com]

"Dibangun sekitar tahun 90-an dan terakhir direhab kalau tidak salah tahun 2000," ujar Amiruddin, Senin (5/6/2023).

Kendati letaknya yang jauh dari pusat kota, sekitar 35 kilometer dengan melintasi daerah pegunungan yang memiliki akses jalan yang cukup sulit, SDN 17 Kolehalang tetap mampu menerima siswa dengan jumlah yang signifikan. Namun, kondisi gedung yang rusak parah menjadi perhatian utama yang perlu segera ditangani.

Berlantai tanah, ruang kelas gedung SD Negeri 17 Kolehalang, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene. [Foto: ist/masalembo.com]

Amiruddin berharap agar pemerintah daerah dapat memberikan perhatian dan dukungan dalam perbaikan gedung sekolah yang rusak tersebut. Beberapa bagian yang mengalami kerusakan parah antara lain lantai yang tinggal tanah, bagian atap terutama plafon, dinding, dan mobiler sekolah yang sudah lapuk.

Dalam kondisi seperti ini, kata dia, sulit bagi siswa untuk belajar dengan nyaman dan aman. Kualitas pendidikan yang diharapkan tidak dapat tercapai jika infrastruktur sekolah tidak memadai. "Oleh karena itu, perbaikan dan renovasi yang segera dilakukan menjadi kebutuhan mendesak agar anak-anak di SDN 17 Kolehalang dapat menikmati pembelajaran yang lebih baik," harapnya.

Plafon sekah juga sudah lapuk dan jatuh, kondisi ini membuat tidak nyaman siswa saat di sekolah. [Foto: ist/masalembo.com]


Dikatakan, harapan masyarakat setempat juga terletak pada pemerintah, agar mereka dapat mendengarkan dan merespons dengan cepat tuntutan perbaikan infrastruktur pendidikan. Anak-anak adalah aset berharga bagi masa depan bangsa, dan investasi dalam pendidikan merupakan langkah yang penting untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Dengan adanya perhatian dan bantuan dari pemerintah, diharapkan SDN 17 Kolehalang dapat segera memperbaiki dan memperbaharui gedung sekolahnya. "Semoga langkah-langkah ini akan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran serta memberikan semangat baru bagi siswa-siswi untuk meraih cita-cita mereka," pungkasnya. (Hr/Red)





comments