-->

Hot News

Pleno DPSHP, Ketua PPK Masalembu: Ruang Perbaikan DPS Berdasar Masukan Masyarakat

By On Minggu, Juni 04, 2023

Minggu, Juni 04, 2023

Ketua PPK Deddy Suryadi bersama salah satu perwakilan Partai Politik saat rapat pleno DPSHP. [Foto: Khairullah]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Masalembu, Kabupaten Sumenep menggelar rapat pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSH) pada Sabtu 04 Juni 2023 di kantor sekretariat PPK setempat.

Ketua PPK Masalembu Deddy Supriyadi mengatakan, DPSH adalah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah dilakukan perbaikan berdasarkan tanggapan dan masukan dari masyarakat sebelum nantinya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2024 mendatang.

Kata dia, DPSHP merupakan ruang perbaikan atau saluran demokrasi yang disediakan oleh penyelenggara pemilu kepada masyarakat untuk memberikan aspirasi dan masukan terkait data pemilih sementara.

"DPSH ruang perbaikan data pemilih sementara berdasarkan masukan masyarakat," katanya melalui saluran telfon, Minggu (04/06/2023).

Hal ini menurutnya sangat penting untuk memastikan semua DPS yang akan masuk menjadi DPT keabsahannya dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu, DPSH merupakan cara untuk memastikan tidak ada daftar pemilih yang terlewat atau munculnya DPT fiktif nantinya. 

"Untuk memastikan semua data pemilih datanya tepat," ujarnya.

Deddy sapaan akrabnya memastikan, pleno DPSHP ini dilaksanakan setelah penyelenggara melakukan serangkaian proses perbaikan pendataan yang berbasis kepada masukan masyarakat dan temuan pengawas dari level desa hingga kecamatan.

"Semua sudah dilakukan perbaikan data oleh penyelenggara, setelah mendengar perbaikan atau koreksi dari berbagai pihak termasuk masyarakat," jelasnya.

Maka dari itu pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak mulai dari panwascam dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan masyarakat yang sudah mengawal data Pemilu 2024. 

Lebih jauh Deddy Supriyadi menyampaikan, PPK Masalembu akan bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan semua hak demokratis warga negara yang di Kecamatan Masalembu untuk memilih dapat tersalurkan.

"Kami berkomitmen melindungi hak-hak konstitusional warga masalembu, karena itu adalah kewajiban kami sebagai penyelenggara," tegasnya.

Dalam rapat pleno DPSHP turut hadir perwakilan Komandan Rayon Militer (Danramil), perwakilan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Ketua PPK Masalembu beserta jajarannya, Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Masalembu, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan perwakilan dari Partai Politik diantaranya Partai PKS, PKB, dan Nasdem. 

Sebagai informasi, jumlah pemilih aktif hasil rekapitulasi DPSHP akhir Kecamatan Masalembu sebanyak 21.360 pemilih aktif yang tersebar di 4 desa yaitu, Desa Sukajeruk sebanyak 7.434, Desa Masalima sebanyak 10.185, Desa Masakambing sebanyak 1.029 dan Desa Kramian sebanyak 2.712 pemilih. (TH)

comments