-->

Hot News

KKN Angkatan II Unimaju Bakal Menyasar 21 Desa di Kabupaten Mamuju

By On Minggu, Agustus 06, 2023

Minggu, Agustus 06, 2023

Pembekalan KKN Angkatan II di Aula Kampus II Unimaju, Sabtu (05/08/2023). [Foto: Hadi Saputra/Unimaju]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan II Universitas Muhammadiyah Mamuju (Unimaju) segera dilaksanakan. Sebelum itu, kampus menggelar pembekalan di Aula Kampus II Unimaju (05/08/2023) dengan tema "Masyarakat Sehat Jasmani Rohani Wujudkan Mamuju Keren Menuju Indonesia Berkemajuan."

Ketua Panitia KKN Angkatan II Unimaju Abdul Rajab, SE.,M.Si mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 215 mahasiswa. Berasal dari Prodi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. ”Mereka semuanya akan disebar di 3 Kecamatan yaitu Tapalang, Simboro dan Papalang, meliputi 21 Desa dan akan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan,” ujarnya, Sabtu (05/8/2023).

KKN adalah salah satu bentuk program yang menjadi jembatan pengabdian bagi perguruan tinggi. Dihajatkan untuk menjangkau masyarakat secara langsung lewat dedikasi mahasiswa. Program ini merupakan wadah bagi mahasiswa Unimaju, untuk terjun ke masyarakat menerapkan semua ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah.

Tema yang diusung pada KKN Angkatan II Unimaju tahun ini, yakni "Masyarakat Sehat Jasmani Rohani Wujudkan Mamuju Keren Menuju Indonesia Berkemajuan."

"Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh di bangku kuliah dalam proyek-proyek bermanfaat, dan pada kegiatan ini kita bekerja sama dengan BKKBN Sulbar, BPS Sulbar dan BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

Selama pembekalan berlangsung, para mahasiswa Unimaju akan diberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam. Tentang pentingnya peran mereka sebagai agen perubahan di masyarkat.

Di tempat yang sama Rektor Unimaju Dr. H. Muh. Tahir. M.Si dalam sambutannya mengatakan, pembekalan KKN Angkatan II Unimaju adalah bukti nyata dari komitmen universitas dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial. Juga keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
"Unimaju berharap bahwa melalui kegiatan ini, para mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan masyarakat dan menjalin hubungan yang harmonis antara universitas dan komunitas sekitar,” tegasnya.

Dikatakan, KKN memiliki tiga sasaran utama. Sebagai sarana pembelajaran bagi para mahasiswa, berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, serta sarana membangun kemitraan dengan institusi masyarakat.

Wakil Sekertaris BPH Mukhtar Mudo juga memnemberikan amanah, bahwa dengan KKN ini mahasiswa semakin termotivasi untuk berusaha sebaik mungkin selama menjalani KKN.

”Saya berpesan, jalankan program kerja dengan maksimal, tingkatkan kerja sama tim, jaga nama baik diri dan almamater selama menjalani ini semua,” tutupnya. (Ril/Har)

comments