-->

Hot News

Sail Nusantara 2023, Aktor Ramon Tungka Bakal Ikut Berlayar Sandeq ke IKN

By On Rabu, Agustus 09, 2023

Rabu, Agustus 09, 2023

Aktor Ramon Y Tungka di atas perahu sandeq di sela kegiatan Student On Sandeq di perairan Pamboang Majene, Rabu 9 Agustus 2023. [egi/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Aktor tampan Ramon Yusuf Tungka bakal turut meramaikan pelayaran Sail Nusantara yang dijadwalkan pada September 2023. Pelayaran dari Sulawesi Barat menuju Ibukota Negara Baru (IKN) Kalimantan Timur itu akan menggunakan perahu sandeq dan phinisi.

"Insya Allah kalau skedulnya aman saya akan bergabung nanti," kata Ramon Tungka di sela kegiatan Student On Sandeq yang digelar Kemendikbud RI di Majene, Rabu (9/08/2023).


Ramon yang dikenal sebagai bintang FTV mengaku tertarik berlayar dengan sandeq. Ia menyebut perahu bercadik suku Mandar itu punya keunikan dan sarat kearifan lokal.

Pria kelahiran Surabaya yang kini lebih banyak aktif di kegiatan lingkungan itu, mengaku tak takut naik perahu sandeq. "Selama gak panik, ya gak apa-apalah, gak takut," katanya.

Ramon mengaku kerap bergelut di kegiatan out dor termasuk di laut. Menyelam, mendayung dan berenang sering dia geluti sehingga sudah terbiasa dengan kegiatan laut, bahkan sudah pernah naik sandeq sejak sepuluh tahun lalu saat berkunjung ke Mandar.

Bagi Ramon, perahu sandeq adalah warisan tradisional suku Mandar yang unik dan menarik. Banyak terkandung nilai-nilai budaya mulai proses pembuatannya yang penuh istilah-istilah berkaitan dengan kearifan lokal hingga kegiatan berlayar yang sarat makna.

Menurutnya, kearifan lokal seperti sandeq akan mampu menjaga keseimbangan alam. Manusia mestinya respect terhadap alam melalui kearifan lokal.

Ramon juga mengaku sedari dulu memang kerap berkecimpung dengan alam. Ia sering mendaki gunung dan masuk hutan. "Dasarnya dari dulu, sejak SMA, kuliah, aslinya ya saya begini," ungkap pria 39 tahun itu.

Mencintai alam adalah hobby Ramon sama halnya dunia seni peran yang pernah digelutinya. Jika selama ini kerap di gunung, maka ia kepingin berlayar di atas ombak Selat Makassar. Dan untuk pelayaran sandeq ke Balikpapan, dia mengaku tengah mengatur jadwal saja, tak ada persiapan khusus untuk berlayar, "dibawa santai aja," katanya.

Sail Nusantara sendiri merupakan program kegiatan Kementerian PUPR RI tahun 2023 bekerjasama dengan Yayasan Ayo Berlayar Indonesia (YABI). Event ini melibatkan satu perahu phinisi dari Sulawesi Selatan, lima sandeq dari Sulbar, sejumlah perahu hias  dari Jakarta, dan puluhan perahu asing dari Malaysia. Mereka akan berlayar ke IKN Nusantara di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 9 September mendatang. 


"Ada kurang lebih 70 perahu yang akan berlayar ke teluk Balikpapan," kata Muhammad Ridwan Alimuddin, anggota YABI dan LO (naradamping) Sail Nusantara 2023.

Menurut Ridwan, perahu sandeq akan berangkat dari Pambusuang dan menunggu perahu phinisi dari Sulsel. Pelayaran ini akan mengambil rute ke Sumare (Mamuju) kemudian ke Balakbalakang lalu ke Balikpapan. Perjalanan akan ditempuh kurang lebih tiga hari.

Sebanyak 5 sandeq akan berlayar dengan masing-masing 4 awak dan 1 pendamping. Mereka juga memberi kesempatan kepada tokoh publik yang ingin berlayar. 

"Jadi Bang Ramon itu tertarik ikut berlayar, selama ini kan dia petualang, tapi banyak-banyak di darat, nah kali ini akan berpetualang di laut," pungkas Ridwan. (Har/Red)

comments