-->

Hot News

Momentum Bulan PRB, Pj Bupati Buteng Ajak Seluruh Elemen Tangguh Hadapi Bencana

By On Sabtu, Oktober 07, 2023

Sabtu, Oktober 07, 2023

Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf. [Ist]


BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Dalam momentum peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf mengajak seluruh elemen untuk bersama mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Hal ini diungkapkan oleh Andi Muhammad Yusuf dalam sebuah video pendek berdurasi satu menit lewat 14 detik yang di upload ke media sosial Facebook milik pemerintah daerah Buton Tengah dengan akun Facebook Dinas Kominfo Buteng pada tanggal 7 Oktober 2023.

"Kami mengajak kepada seluruh elemen pemerintah, masyarakat, akademisi, lembaga usaha dan media untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan ini (Bulan PRB)," ucap Andi Muhammad Yusuf seperti dikutip dari situs milik Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, Sabtu (7/10/2023).

"Dengan mengusung tagline satu dekade peringatan Bulan PRB, penguatan kemandirian daerah menuju daerah resiliansi berkelanjutan, maka mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana. Salam tangguh, salam kemanusiaan, Buton Tengah bergerak," sambung Andi Yusuf.

Pernyataan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Daerah Buton Tengah dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Kota Kendari pada 10-15 Oktober 2023.

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Peringatan Bulan PRB tahun 2023 ini adalah peringatan yang ke XI untuk tingkat nasional dengan mengusung tema "Sultra Posanggu Indonesia Mokora" atau "Sultra Tangguh, Indonesia Kuat".

Andi Muhammad Yusuf yang dilantik pada 25 Mei 2023 lalu di Aula Merah Putih oleh Gubernur Sulawesi Tenggara saat itu, Ali Mazi, mendukung agenda tersebut dan merasa terhormat bisa menjadi bagian dari pelaksanaan dan terselenggaranya kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2023 di Sulawesi Tenggara.

Orang nomor wahid di Buton Tengah ini tidak hanya memberikan dukungan melalui pernyataan saja, tetapi juga turut menghadiri apel kesiapsiagaan peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto yang bertempat di kawasan Eks MTQ Kendari, Rabu (11/10/2023).

Dalam acara tersebut juga dihadiri Pejabat BNPB RI, Sekretaris Utama BNPB, Deputi Pencegahan BNPB, Asdep Kedaruratan Menko Marves RI, Sekda Sulawesi Tenggara, para kepala daerah se-Sulawesi Tenggara, tamu VVIP dari Amerika Serikat dan Australia, Kepala  BPBD Sultra serta pejabat lainnya. 

Kegiatan ini juga dilangsungkan pembukaan pameran kebencanaan dan event lain yang merupakan rangkaian dari peringatan Bulan PRB, antara lain simulasi bencana, seminar nasional, penanaman mangrove dan kegiatan lainnya.

Berdasarkan penelusuran di website resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tujuan dari pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana adalah untuk membangun kesadaran bersama melalui dialog dan jejaring dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat di kawasan rawan dan terdampak bencana.

Adapun manfaat dari peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana ini adalah meningkatnya kemitraan antar pelaku penanggulangan bencana di Indonesia dan memberikan komitmen bersama antar pemangku kepentingan di Indonesia.

Sementara peserta dari peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana ini adalah Kepala Daerah, anggota DPR/DPD/DPRD, Kementerian/Lembaga, TNI/Polri, SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota (terutama BPBD), Organisasi Nasional/Daerah/Internasional, Forum PRB, Praktisi Kebencanaan, Perguruan Tinggi, Lembaga Usaha, Organisasi Masyarakat, Relawan dan Masyarakat (Adv).

comments