-->

Hot News

APSIPOL Perkokoh Persiapan dan Komitmen Menyongsong Pemilu 2024

By On Jumat, November 03, 2023

Jumat, November 03, 2023


SEMARANG, MASALEMBO.COM - Asosiasi Program Studi Ilmu Politik Indonesia (APSIPOL) melalui rapat tahunan yang berlangsung pada 1- 2 November 2023 di Universitas Negeri Semarang telah menegaskan komitmennya untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dengan persiapan yang kokoh dan kesadaran akan tanggung jawab yang besar.

Dalam pertemuan tersebut, anggota APSIPOL dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia telah menetapkan langkah-langkah strategis guna memastikan proses demokrasi yang berkualitas dan menjunjung tinggi integritas dalam proses pemilihan. Rencana ini mencakup penguatan struktur program studi Ilmu Politik di berbagai perguruan tinggi, penyesuaian kurikulum agar lebih responsif terhadap perubahan politik kontemporer, serta upaya memastikan keberlangsungan deklarasi pernyataan sikap yang menekankan aspek etika, kebebasan dari isu-isu yang memecah belah, serta kampanye yang bebas dari politik uang dan hoaks.

Pengurus APSIPOL dari Universitas Sulawesi Barat, Muhammad S.IP., M.Si mengatakan, deklarasi pernyataan sikap yang disusun oleh APSIPOL bukan hanya berhenti pada penyelenggaraan pemilihan itu sendiri, tetapi juga mengajak seluruh anggota masyarakat sipil, termasuk akademisi, untuk ikut serta dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, memantau proses pemilihan, serta memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang transparan dan adil.


"Kami ingin menegaskan bahwa keterlibatan aktif dalam menyongsong Pemilu 2024 merupakan bagian penting dari kontribusi akademisi untuk memastikan proses pemilihan yang demokratis, bertanggung jawab, dan memberikan hasil yang baik bagi negara," kata Muhammad melalui siaran pers, Jumat (3/11/2023).

Kata dia, komitmen APSIPOL dalam menyongsong Pemilu 2024 ini menegaskan peran penting perguruan tinggi dalam memastikan proses demokrasi yang berkualitas, yang lebih dari sekadar pemilihan, namun juga mencakup edukasi, pengawasan, dan pendampingan dalam memastikan proses pemilihan yang berintegritas.

"Harapannya, dedikasi APSIPOL dalam menyongsong Pemilu 2024 ini akan memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam mewujudkan pemilihan yang adil dan demokratis bagi negara," pungkas Muhammad.

Berikut adalah poin pernyataan sikap APSIPOL menyambut Pemilu 2024:

1. Mendorong Penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan untuk independen menegakkan integritas dan profesionalitas dalam penyelenggaraan seluruh tahapan.

2. Mendorong Peserta Pemilu berkampanye dengan mengedepankan etika dan mencerdaskan serta bebas dari penggunaan isu sara (suku, agama, ras), kampanye hitam, politik uang, adu domba dan hoaks. 

3. Mendorong Pemilih dapat menggunakan hak pilihnya secara otonom, tanpa tekanan, tolak politik uang, dan bertanggung jawab sesuai dengan hati nurani.

4. Mendorong ASN, TNI dan Polri untuk bersikap netral, menegakkan integritas dan profesionalitas dalam mensukseskan pemilu.

5. Mendorong akademisi dan masyarakat sipil untuk aktif melakukan pendidikan pemilih, mengawasi dan memantau pemilu.

(Har/Red)

comments