-->

Hak Jawab Kasat Lantas Polres Majene atas Pemberitaan Sopir Truk Dimintai Uang

On Friday, October 30, 2020

MASALEMBO.COM

Foto tangkap layar berita masalembo.com, Kamis (29/10/2020) dengan judul Sopir Truk Mengeluh, Kerap Dimintai Uang Oknum Diduga Lantas Polres Majene. (Ist)


SATUAN Lalulintas (Lantas) Polres Majene memberikan hak jawab atas berita masalembo.com pada Kamis, 29 Oktober 2020, berjudul: Sopir Truk Mengeluh, Kerap Dimintai Uang Oknum Diduga Lantas Polres Majene

Berikut ini adalah hak jawab dari Kasat Lantas Polres Majene seperti dalam rilis resmi yang dikirim ke redaksi masalembo.com, Jumat (30/10/2020).

Hak Jawab

Masalah anggota Satlantas Polres Majene diduga melakukan pungli di jalan raya, saya belum bisa memberi keterangan kerena harus dicek juga di anggota kami. Yang jelas saya selaku pimpinan selalu menekakankan kedisiplinan dalam berkerja. Perlu diketahui juga bahwa belum tentu yang disampaikan oleh sopir itu benar, karena selama ini memang biasanya orang akan merasa sakit hati ketika di tilang, sehingga kadang membuat laporan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Namun kalau ada yang melihat anggota berkerja di luar prosedur silahkan langsung melaporkan ke saya selaku Kasat Lantas Majene. 

Lalu terkait pelanggaran truk yang ada di dalam aduan, pada pasal 307 tentang tata cara pemuatan barang dan telah diatur masalah over dimensi dan over load. Dimana over dimensi artinya kelebihan dimensi muatan kendaraan sedangkan over load artinya kelebihan berat muatan kendaraan. Jelas melanggar pasal 307 apabila tinggi barang melebihi bak kendaraan. Perlu diketahui bahwa mobil barang sebelumnya sudah diuji keamanannya pada pembuatan buku KIR. Namun pengendara terkadang mengisi bak barang lebih tinggi dari yang tertera di buku KIR, sehingga standar keamanannya tidak dapat dijamin.

Seperti yang ketahui bahwa standar keamanan adalah hal terpenting di jalan raya, dan sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009. Jadi jelas tugas kami dapat menindak kendaraan yang tidak sesuai dengan undang-undang. Terlebih lagi, sudah sering terjadi mobil terguling di tikungan ataupun barang jatuh pada saat mobil berjalan yang dapat membahayakan pengendara lain.

Kasat Lantas Polres Majene

AKP Muslim Aslim


Penjelasan

Terkait berita yang ditulis dan memuat keterangan dari Kasat Lantas Polres Majene sendiri AKP Muslim Aslim, menurutnya hal itu keterangan yang diberikan tidak valid. Hal tersebut karena bukan keterangan resmi melainkan hanya percakapan-percakapan biasa yang didasarkan atas asumsi atau pendapat pribadi secara spontan saat berbincang dengan wartawan. AKP Muslim tidak tahu bahwa percakapan tersebut akan dimuat di media.

Demikian hak jawab ini dibuat, atas perhatiannya redaksi masalembo.com mengucapkan terima kasih. (*)

comments
close
Banner iklan disini