-->

Hot News

Kelebihan Yamaha Grand Filano yang Jarang Disadari Banyak Orang

By On Senin, Mei 08, 2023

Senin, Mei 08, 2023

Ilustrasi (net)

MASALEMBO.COM - Berbicara tentang Yamaha Filano mungkin masih cukup asing di telinga masarakat. Hal itu cukup dimaklumi karena motor satu ini memakai desain retro ala Eropa. Bahkan, desainnya pun hampir mirip dengan vespa dibandingkan dengan motor matic secara umum. Sejak meluncur sejak tahun 2015, motor ini hanya dijual terbatas, yakni sekitar 350 unit saja.

Meskipun begitu, Yamaha Grand Filano ini memiliki kelebihan tersendiri yang bahkan tidak disadari oleh penggunanya. Sebelum masuk pada kelebihan, kita simak dulu spesifikasi Yamaha Grand Filano sebagai berikut.

Spesifikasi Yamaha Grand Filano
Motor Yamaha Grand Filano tangguh di jalan raya dengan mesin 4 strokes berkapasitas 124.96 cc, SOHC, dan berpendingin udara. Kekuatan maksimal dari mesin motor ini adalah 6.0 kW pada 6500 rpm dengan torsi optimal 9,7 Nm pada putaran 5000 rpm.

Motor ini juga merupakan seri pertama Yamaha yang mengaplikasikan teknologi Blue Core. Teknologi ini menjadikan Yamaha Filano Indonesia semakin menarik. Namun adanya Blue Core Smart System Generator pada Filano Hybrid sejak 2018 membuat generasi ini jauh lebih kuat dan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.
Yamaha Filano Hybrid terlihat kokoh dengan bodi 1820 x 685 x 1145 mm (LxWxH) dan bobot berkisar antara 99-102 kilogram. Ukuran ini sangat pas untuk sebuah city ride yang nyaman. Filano hadir dengan tipe rangka backbone. Untuk rodanya, Yamaha menyematkan roda yang ukurannya sama antara depan dan belakang, yakni 110/70 R12. Ukuran velg 12 inci tentu lebih kecil daripada kebanyakan motor matic lainnya. Kapasitas tangki bensinnya 4,4 liter, cukup besar untuk berkendara dalam kota.

Ada dua varian Yamaha Grand Filano Hybrid, yaitu tipe standar dan tipe ABS. Pada tipe standar, jenis starter yang digunakan adalah kick dan elektrik. Namun pada tipe ABS, starter berjenis elektrik saja dan remnya dipersenjatai dengan sistem pengereman Anti-lock braking system.

Kelebihan Yamaha Grand Filano
Setelah mengetahui spesifikasi pada Yamaha Grand Filano, simak berbagai keunggulannya di bawah ini.

1. Memiliki Power Assist

Keunggulan pertama dari Yamaha Grand Filano ini adalah memiliki Power Assist. Sistem hybrid mengkombinasikan kinerja mesin untuk bahan bakar dengan motor listrik. Saat melakukan akselerasi di awal, motor listrik dan mesin menyala dan meningkatkan torsi Filano.
Yamaha meletakkan baterai YTZ6V 12 V, 5.0 Ah (B8B1), YTZ7V (B8B2) 12 V, 6.0 Ah untuk Filano Hybrid. Selain itu, power assist juga membantu Yamaha Filano Hybrid mengirit bahan bakar. Bahkan motor ini juga disebut mampu menempuh 60 km per liter bahan bakar.

2. Terdapat SSS

SSS atau Stop and Start System adalah sebuah mekanisme yang membuat mesin mati sementara apabila motor tidak sedang melaju. Saat motor harus berjalan kembali, maka pengendara hanya perlu membuka gas.

Sistem ini berperan besar dalam penghematan bahan bakar, terutama bila kamu tinggal di daerah yang sering mengalami kemacetan.

3. Lampu Full LED

Sebagai motor matic premium, Yamaha Filano sudah menggunakan LED pada lampu depan dan belakang. Kombinasi ini menghasilkan cahaya terang yang irit daya, sehingga mengurangi beban Aki.

4. Terdapat Smart Key System & Mobile Charger

Smart Key System menawarkan kepraktisan sekaligus meningkatkan keamanan. Fitur Mobile Charger yang didukung laci penyimpan ponsel memberikan kemudahan dalam mengisi daya ponsel sepanjang perjalanan.

5. Memiliki Smart Front Refuel dan Bagasi Lebih Luas

Terakhir, Yamaha Grand Filano terdapat Smart Front Refuel dan bagasi lebih luas. Pengisian bahan bakar di bagian depan menambah kenyamanan. Sedangkan bagasi luas dapat meningkatkan keleluasaan untuk membawa dan menyimpan lebih banyak barang.

Demikian kelebihan Yamaha Grand Filano yang jarang disadari banyak orang. Semoga informasi ini bermanfaat. (*/Red)

comments