-->

Hot News

Cegah Stunting, Ketua TP PKK Sumenep Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

By On Senin, November 06, 2023

Senin, November 06, 2023

Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep Nia Kurnia Fauzi saat hadir di acara lomba masak ikan. [Foto: Khairullah Thofu]


SUMENEP, MASALEMBO.COM - Dalam rangka mencegah stunting Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep terus berupaya mengajak masyarakat gemar mengonsumsi makanan bergizi terutama ikan. Senin (06/11)

Menurut Nia Kurnia Fauzi mengatakan, perbaikan gizi melalui konsumsi makanan sehat oleh masyarakat erat kaitannya dengan pencegahan terjadi stunting terhadap tumbuh kembang anak.

Pencegahan stunting bertujuan guna menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Sumenep berjaya. Maka menurutnya, sangatlah penting membangun sebuah kultur atau perilaku masyarakat untuk mengkonsumsi makanan bergizi salah satunya ikan.

"Lomba ini bagian mempromosikan budaya makanan sehat dan bergizi kepada masyarakat, dalam rangka menjaga kesehatan keluarga,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep Nia Kurnia Fauzi di sela-sela pembukaan lomba, di Sekretariat TP PKK, Senin (06/11/2023).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Sumenep, untuk membangun budaya konsumsi makanan bergizi adalah mengadakan lomba memasak berbahan dasar ikan, sehingga melalui kegiatannya tidak hanya kompetisi, namun juga sebagai media membudayakan makan ikan.

Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi stimulan peningkatan konsumsi ikan masyarakat, utamanya berkontribusi dalam pencegahan tengkes, yang membutuhkan penanganan bersama untuk menurunkan angka kasusnya. 

"Kami melangsungkan acara ini untuk menginspirasi para ibu dan lomba memasak ini juga merupakan promosi kuliner lokal, karena setiap desa di Kabupaten Sumenep memiliki kekayaan resep tradisional yang unik, dan ikan seringkali menjadi salah satu bahan dasarnya," ujarnya.

Ditambah Kabupaten Sumenep sebagai daerah Kepulauan memiliki cukup sumberdaya ikan untuk menjadi bahan konsumsi masyarakat.

"Luas wilayah laut Kabupaten Sumenep kurang lebih 50.000 kilometer persegi, sehingga memiliki sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat melimpah," tandasnya.

TP PKK Kabupaten Sumenep menggelar lomba memasak berbahan dasar ikan bertema "Cegah Stunting Dengan Gemar Makan Ikan", diikuti oleh jajaran TP PKK Kecamatan.

"Setiap peserta memiliki resep khas dan teknik memasak yang berbeda, sehingga kesempatan yang baik untuk belajar satu sama lain dan meningkatkan kemampuan memasak berbahan dasar ikan," pungkasnya. (TH/rd)

comments