-->

Hot News

Dosen UNM-Unsulbar Latih Guru SMA Pembelajaran IT Berbasis Power Point

By On Rabu, Juli 26, 2023

Rabu, Juli 26, 2023

Foto bersama dengan peserta pelatihan Game Edukasi Berbasis Powerpoint. [Dok: PKM UNM Makassar]


POLMAN, MASALEMBO.COM - Pembelajaran berbasis IT memiliki peran sentral dalam memajukan sistem pendidikan modern. Integrasi teknologi informasi tidak hanya mempersiapkan siswa untuk tantangan di era digital, tetapi juga menghadirkan berbagai manfaat signifikan.

Pembelajaran berbasis IT juga berperan membangun landasan untuk kemajuan pendidikan inklusif. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat mengatasi batasan geografis, ekonomi, dan fisik, membuka pintu pendidikan bagi lebih banyak individu, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil atau memiliki kebutuhan khusus.

Dengan demikian, pembelajaran berbasis IT bukan hanya sekadar mengikuti perkembangan zaman, tetapi sebuah investasi dalam mencetak generasi yang siap menghadapi kompleksitas dunia modern dan membentuk masyarakat yang lebih terampil, terinformasi, dan berdaya saing.

Sesi pemaparan materi pelatihan. [Dok: PKM UNM Makassar]


Atas dasar itulah Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Powerpoint Bagi Guru SMA. Kegiatan tersebut digrlar di SMA Negeri 2 Camplagian, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu 26 Juli 2023.

Tim PKM ini terdiri dari tiga dosen, sekaligus sebagai narasumber kegiatan. Mereka yakni Agus Susanto S.Si.,M.Si.,Ph.D kemudian Dr. Pariabti Palloan, S.Si.,MT dan Arie Arma Arsyad, S.Pd.,M.Pd.

Sebanyak 20 guru mengikuti kegiatan yang digelar di Aula SMA Negeri2 Campalagian ini. Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Tim Pengabdian Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sulawesi Barat.

Anggota Tim PKM UNM, Arie Arma Arsyad, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi guru-guru di SMA Negeri 2 Campalagian, Kabupaten Polman dalam membuat game edukasi berbasis powerpoint.

Sesi pemaparan materi pelatihan. [Dok: PKM UNM Makassar]


"Game edukasi sendiri berarti sebuah permainan yang sifatnya mendidik dan bertujuan sebagai media pembelajaran interaktif dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar," ujar Arie.

Sementara, Agus SusantoS.Si.,M.Si.,Ph.D menjelaskan bahwa, saat ini pemanfaatan game edukasi berbasis powerpoint dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan, karena tuntutan dari perkembangan IT dalam dunia pendidikan.

"Powerpoint ini juga merupakan aplikasi dasar di microsoft office yang di semua PC/laptop sudah ada dan penggunaannya pun dapat dilakukan secara offline," terang Agus.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak pada para guru untuk mampu mengajar dan memudahkan dengan menguasai IT dalam mengajarkan materinya.

Foto Bersama dengan Tim Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sulawesi Barat. [Dok. PKM UNM Makassar]


Pemateri lainnya Dr. Pariabti Palloan, S.Si.,MT juga menegaskan bahwa game edukasi berbasis powerpoint terdiri dari pengantar dan bentuk-bentuk game edukasi yang dapat dibuat seperti game maze (mencari jejak), puzzle, tebak gambar, dan game memori. "Jadi selain bermain, peserta didik juga dapat melatih ingatan, meningkatkan motivasi belajar, melatih motorik," terangnya.

"Kegiatan pengabdian dimulai dengan simulasi game edukasi berbasis powerpoint yang dilakukan terhadap peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pengantar game edukasi berbasis powerpoint. Selanjutnya adalah pendampingan pembuatan game edukasi kepada para peserta," ungkap Pariabti.

Kegiatan pengabdian ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Campalagian Kabupaten Polman, Sabri, S. Pd.

Dalam sambutannya, Sabri menyampaikan pentingnya penggunaan IT dalam pembelajaran saat ini yang sudah semakin variatif. Sehingga, kata dia, para guru dituntut untuk dapat adaptif dalam penggunaan IT dalam pembelajaran.

"Harapannya kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan ke depannya," pungkas Sabri. (Adv/Har)


comments