Gerakan 5 Juta Penghafal Al Qur'an Hadir di Bumi Assamalewuang

On Sabtu, Maret 09, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Dr. H. Fahmi Massiara, MH menyalami santri RQV di acara deklarasi rumah Qur'an di Desa Lamaru Pamboang (Foto: Munirul/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Gerakan Nasional Kampung Nusantara Al Qur'an telah melebarkan sayap di berbagai wilayah tanah air. Di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, gerakan ini dibangun dengan mendeklarasikan Kampung Qur'an di Desa Lamaru, Kecamatan Pamboang. 

Presiden Rumah Qur'an Violet (RQV) Indonesia sebagai penggagas gerakan ini, Sultan Muda Azmi Fajri Usman, mengatakan, visi RQV adalah mewujudkan lima juta penghafal Al Qur'an di seluruh Indonesia. Konsekuensinya, akan mendirikan 1 juta rumah Qur'an di seluruh penjuruh negeri. 

"Kami adalah lembaga independen yang mendorong dimanapun pemerintah senang dengan urusan Al Qur'an," kata Sultan.

Presiden RQV Sultan Muda Azmi Fajri Usman disambut warga Pamboang (Foto: Munirul/Humas Setda Majene)

Berbicara di hadapan bupati Majene, Forkopimda dan puluhan undangan yang hadir di acara deklarasi rumah Qur'an Desa Lamuru, Sultan Muda mengatakan, selain berobsesi melahirkan hafidz/hafidzah cilik dan penghafal dari warga setempat, RQV juga mengusung visi lahirnya masyarakat bahagia bersama Al Qur'an. Mereka akan terus mendorong lahirnya generasi sehat dan sukses.

"Visi kami adalah mewujudkan generasi yang berani, sehat, kaya, sehingga menjadi orang-orang yang sukses lalu bahagia," ucap Sultan. 

Di Majene, RQV juga membagikan 739 sepeda mini wakaf untuk mendorong generasi sehat serta 3 ekor kambing untuk wirausaha pemuda. 

Di kesempatan ini, Sultan menceritakan, kehadiran RQV di bumi Assamalewuang Majene tak lepas dari peran satri mereka asal Kecamatan Pamboang, Suci Alfiah. Suci yang sebelumnya belajar di RQV Jakarta kini dipercaya sebagai Kepala Cabang RQV Sulawesi Barat dengan basis gerakan Kabupaten Majene.

Sementara itu, bupati H Fahmi Massiara menyambut baik kehadiran RQV di Majene. Bagi Fahmi, pencanangan rumah Qur'an akan memberikan nilai sangat positif untuk masyarakat, khususnya warga Pamboang. 

Kepala Cabang RQV Sulawesi Barat WD124 Suci Alfiah menyambut bupati dan Presiden RQV (Foto: Munirul/Humas Setda Majene)

Bupati mengatakan, gerakan rumah Qur'an akan membekali pengetahuan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya dalam pengetahuan Al Qur'an dan agama Islam.

"Ini sangat positif, karena kenapa kita selalu mengikuti kegiatan-kegiatan formal seperti STQ tapi apa hasilnya, dulu-dulu Majene selalu juara tapi sekarang sudah diambil oleh kabupaten lain," kata Fahmi berharap kehadiran RQV bisa meningkatkan prestasi STQ dan MTQ Kabupaten Majene di masa mendatang. 

Bupati juga berpesan, agar Pemerintah Desa di Pamboang turut mendukung program RQV. Ia berharap agar dikemudian hari lahir generasi Qur'ani di Majene, termasuk da'i-da'i muda yang mampu mengangkat martabat Majene. "Kalau dari Pinrang ada ustad Maulana, maka kedepan mudah-mudahan dari Majene juga lahir da'i-da'i nasional," ucap Bupati Fahmi.

Bupati mengaku senang atas kehadiran RQV di Majene. Ia mengatakan, Pemkab akan terus mendukung kegiatan-kegiatan dari non goverment organization (NGO) ini. "Saya sangat senang, tinggal mau berbuat apa, kita akan terus mendorong untuk berbuat," kunci Fahmi. (adv/har)

comments