Kodim 1402 Kawal Serapan Gabah di Polman

On Kamis, Maret 01, 2018

MASALEMBO.COM

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Upaya percepatan Penyerapan Beras dan Gabah (Sergap) oleh Sub Divre Bulog Polman, Kodim 1402 Polmas, Letkol Arh Dedi Setia Arianto perintahkan Koramil melakukan pengawalan dan pendampingan serapan Bulog Sub Divre Polman dalam pembelian gabah petani.

Dandim 1402 Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan, Babinsa melakukan pengawalan serapan gabah petani ini untuk mendorong petani dan pelaku usaha  agar menjual gabahnya kepada Bulog Sub Divre Polman demi memenuhi target yang sudah ditentukan oleh pemerintah. 

“Terkait teknis pembelian gabah dan beras, Bulog Sub Divre Polman telah berkoordinasi dengan para pelaku usaha penggilingan dan kelompok tani dan Babinsa di lapangan. TNI melakukan pengawalan dan pendampingan agar kegiatan serapan gabah tersebut berjalan lancar dan aman,” kata Dedi, Rabu (28/2). 

Dandim Polmas mengatakan, terkait keterlibatan TNI dalam hal ini Kodim 1402 Polmas, telah dilaksanakan sejak tahun 2012 melalui MoU antara Kementan dan TNI. MoU dituangkan dalam Nota Kesepahaman Nmr 3/MoU/PP.310/M/4/2012. 

“Dasar hukum pelibatan peran TNI sudah jelas diatur dalam UU 3/2002 tentang Pertahanan Negara, UU 34/2004 tentang TNI dan Inpres No 5 tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional. Inpres ini merupakan keputusan politik yang mendasari kerjasama Kementan dengan TNI. Selanjutnya, Inpres tersebut ditindak lanjuti oleh Kementan dan TNI dengan naskah kerja sama yang dievaluasi dan perpanjang setiap tahun,” jelas Dandim. (ant/har)

comments