-->

Hot News

Cegah Kebakaran Hutan, KPH Mamasa Keluarkan Surat Himbauan

By On Rabu, Oktober 31, 2018

Rabu, Oktober 31, 2018

Asap kebakaran hutan beberapa waktu lalu, peristiwa ini terjadi di Mamasa (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Akibat dilanda kemarau akhir-akhir ini Mamasa menjadi rawan terjadinya kebakaran hutan yang mengancam pemukiman warga. Seperti yang terjadi di baberapa titik, diperkirakan lebih dari 10 hektare hutan Area Pengguna Lain (APL) dilalap si jago merah. 

Untuk mencegah perluasan kebakaran hutan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Wilayah Mamasa Timur, telah mengeluarkan surat edaran berupa himbauan bagi masyarakat. Bahkan pihaknya melakukan sosialisasi demi mencegah pembakaran hutan baik disengaja maupun tidak disengaja. 

"Kami telah mengeluarkan surat berupa himbauan agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, melarang masyarakat melakukan pembakaran hutan, mengajak masyarakat untuk mewaspadai sumber api dari manapun asalnya," kata Kepala KPH Mamasa Timur, Athler Papalangi, Selasa (30/10).

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat segera melaporkan kepada pihak yang berwenang bilamana melihat oknum sengaja membakar hutan dan lahan. Ia mengingatkan masyarakat bahwa barang siapa yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan maka akan dikenakan sanksi sesuai aturan dan perundangan-undangan yang berlaku.

"Kami hanya berfokus pada pencegahan kebakaran kawasan hutan lindung, namun tidak menutup kemungkinan jika terjadi kebakaran hutan pada APL, maka kami juga turut serta dalam pemadaman," kata Athler. 

Selain mengeluarkan himbauan, KPH juga telah membentuk regu pengendali kebakaran hutan yang bertugas memberikan sosialisasi bagi masyarakat terkait kerawanan kebakaran hutan, terutama pada musim kemarau.

"Sebenarnya membuka lahan pertanian dengan cara membakar itu perbuatan yang tidak baik dan melanggar undang-undang. Inilah yang menjadi sasaran bagi regu yang sudah dibentuk," pungkasnya. (frd/har)

comments