-->

Hot News

Selamat, Majene Raih Penghargaan SAKIP Award dari Kemenpan RB

By On Selasa, Februari 19, 2019

Selasa, Februari 19, 2019

Bupati Majene H Fahmi Massiara menerima penghargaan SAKIP Award 2018 (Foto: Sufyan Ilbas/Humas Setda Majene)

MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene kembali mendapat kado istimewa di awal tahun 2019. Kali ini, Pemda Majene berhasil meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penyerahan SAKIP Award diberikan langsung Menpan RB, Drs Syarifuddin pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2018 yang digelar di Four Points Hotel Makassar, Selasa (19/2/2019).

Kepala Bappeda Majene, Andi Adlina Basharoe mengatakan, Pemda Majene telah mendapat predikat B terhadap implementasi akuntabilitas kinerja tingkat pemerintah kabupaten/kota di wilayah III. 

Wilayah III ini meliputi 12 pemerintah provinsi, yakni D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, serta 162 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah ke-12 provinsi tersebut.

Bupati Majene dan Menpan RB Syafruddin usai penyerahan SAKIP Award 2018 ke Pemkab Majene (Foto: Sufyan Ilbas/Humas Setda Majene)

"Capaian ini diserahkan langsung oleh Menpan-RB kepada Bupati Majene pada kegiatan SAKIP Award Penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2018 untuk 174 Pemda di Wilayah III," terang Adlina melalui keterangan tertulisnya, Selasa.

Adlina menjelaskan, penilaian akuntabilitas kinerja melalui kegiatan SAKIP Award tahun 2018 ini untuk mengidentifikasi kemampuan instansi pemerintah dalam merencanakan kinerja dan target kinerja. Selain itu, menyelaraskan apa yang dianggarkan dengan apa yang direncanakan, menyesuaikan apa yang dilaksanakan dengan yang dianggarkan, serta melaporkan capaian kinerja selaras dengan apa yang telah dilaksanakan dan direncanakan sebelumnya.

"Berdasarkan hasil evaluasi, Pemerintah Kabupaten Majene telah mencapai loin 60,50 dengan predikat SAKIP B. Pencapaian ini naik hampir 10 poin dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pada tahun sebelumnya yang berada pada angka 50,99 dengan predikat C," jelasnya.

Dikatakan, predikat B ini telah mencerminkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Majene dianggap mampu mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat dari seluruh penggunaan anggaran daerah, serta dianggap telah melakukan upaya perencanaan program dan kegiatan secara efektif, efisien, dan ekonomis.

"Untuk mencapai predikat B ini, Bupati Majene telah mencanangkan Gerakan Majene BISA yang merupakan kepanjangan dari Benahi, Implementasikan, Supervisi dan Aktualisasikan," pungkasnya.

Gerakan ini sambung Adlina, menjadi komitmen bersama seluruh stakeholder dan di bawah koordinasi Bapeda, Bagian Ortala dan Inspektorat telah dilakukan berbagai upaya sejak tahun 2017 hingga Tahun 2018.

Turut mendampingi Bupati Majene dalam penerimaan SIKAP Award ini, Sekretaris Daerah Andi Achmad Syukri Tammalele, Kepala Bappeda Andi Adlina Basharoe, Inspektur Inspektorat, Kabag Ortala dan Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Makro Bapeda. (adv/red)

comments