-->

Hot News

Gempa Beruntun Kembali Guncang Mamasa, Murid SD Berhamburan Keluar Gedung

By On Selasa, April 30, 2019

Selasa, April 30, 2019

Ratusan murid SD di Mamasa berhamburan keluar gedung saat gempa pagi ini, Selasa 30 April 2019 (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Gempa berkekuatan 3,3 SR kembali mengguncang wilayah Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa (30/4) pagi. Gempa bumi secara beruntun itu mengagetkan warga yang sedang menjalankan aktivitasnya. Bahkan sejumlah murid SD yang sedang belajar berhamburan keluar gedung sekolah.

Di SD Negeri 002 Mamasa dan SD Negeri 008 Buntubuda Kecamatan Mamasa yang sempat terpantau, seratusan murid berlarian keluar gedung lantaran panik. "Siswa berhamburan karena panik, mereka terpaksa dipulangkan lebih awal,” kata Oktaviati, salah satu guru di SDN 002 Mamasa.

Berdasarkan rilis BMKG Wilayah IV Makassar, gempa bumi tektonik yang kembali mengguncang Mamasa ini bermagnitudo 3,3 SR. Terjadi pada pukul 08:46:15 Wita dengan lokasi 2.94 LS - 119.51 BT atau 20 Km Tenggara Mamasa dengan kedalaman 5 km.

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan dalam keterangannya mengatakan, gempa susulan berkekuatan 3,5 SR dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 119.44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 Km Tenggara Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 5 km. 

"Lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter dan Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Mamasa II-III MMI," kata Darmawan.

Pihak BMKG menghimbau  masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dengan memastiakan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (frd/har)

comments